Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendapatkan Rambut Berkilau Menurut Hairstylists

Kompas.com - 14/04/2024, 11:42 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Rambut berkilau merupakan dambaan setiap orang, utamanya perempuan. Selain menunjang penampilan, rambut berkilau juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.  

Sayangnya, paparan berbagai macam hal seperti polusi, sinar matahari, dan penggunaan alat styling rambut berlebih dapat mengurangi kilaunya. 

Baca juga: 6 Jenis Minyak Rambut Laki-laki agar Terlihat Basah dan Lemas

Nah, berikut cara mendapatkan rambut berkilau menurut para hairstylist atau penata rambut, seperti dilansir dari Real Simple.

ilustrasi rambut berkilau, cara mendapatkan rambut berkilaufreepik ilustrasi rambut berkilau, cara mendapatkan rambut berkilau

1. Basahi rambut dengan air dingin 

Cara pertama adalah membasahi rambut menggunakan air dingin atau air es setelah memakai kondisioner. 

Hairstylist yang berbasis di London, Tina Outen, menuturkan, cara tersebut dapat membuat semua kutikula menutup dan membuatnya rata sehingga setiap helai rambut akan berkilau. 

Untuk diketahui, kutikula rambut sehat ditandai dengan permukaan yang tertutup rata dan halus. 

“Lapisan luar rambut kita memiliki kutikula, yang perumpaannya seperti ubin di atap. Semakin tidak rata, maka semakin banyak cahaya yang terserap ke dalam rambut, sehingga membuatnya tampak kusam,” kata Tina Outen, dilansir dari Real Simple.

2. Pakai kondisioner tanpa bilas 

Cara selanjutnya adalah menggunakan kondisioner tanpa bilas untuk mendapatkan rambut berkilau. Sebab, kondisioner tanpa bilas dapat membantu melembabkan dan menghaluskan kutikula rambut.

“Jika kamu merasa membutuhkan kelembapan ekstra, maka gunakan perawatan rambut tanpa bilas setelah mandi," kata Hairstylist Selebritas yang berbasis di Los Angeles, Mark Townsend dalam Real Simple. 

Baca juga: Rutinitas Perawatan Rambut Sederhana ala Patricia Gouw

3. Bahan ramah kulit 

Agar mendapatkan rambut berkilau, maka gunakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan ramah kulit. Sebaliknya, hindari produk perawatan rambut yang mengandung bahan berbahaya. 

Oleh sebab itu, sebelum memakai produk perawatan rambut sebaiknya baca lebih dulu informasi bahan baku yang tercantum pada labelnya.

“Hindari produk yang mengandung sulfat, karena dapat berdampak buruk pada rambut sebab menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya kusam,” ujar Hair Artist dan Founder Phenix Salon Suites, Gina Rivera, dalam Real Simple. 

“Produk yang mengandung biotin, kolagen, dan vitamin B sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala,” imbuhnya. 

Baca juga: 5 Tips Mencegah Penuaan Rambut, Jangan Sering Pakai Alat Styling

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com