Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2024, 20:37 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Minyak rambut merupakan salah satu produk perawatan rambut yang dapat membantumu mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Namun, kamu perlu mengetahui cara pakai minyak rambut yang benar agar mendapatkan hasil maksimal.

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah kapan waktu yang tepat pakai minyak rambut? Artikel berikut ini akan membahas waktu yang tepat pakai minyak rambut dari sumber Healthline, Times of India, dan Vogue India. 

Baca juga: Catat, 9 Kesalahan Memakai Minyak Rambut yang Bikin Rontok

Waktu yang tepat pakai minyak rambut 

Berikut penjelasan mengenai waktu yang tepat pakai minyak rambut. Namun, perlu dicatat bahwa kondisi rambut setiap orang berbeda-beda, sehingga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi masalah rambut.

Ilustrasi pakai minyak rambutShutterstock Ilustrasi pakai minyak rambut

1. Sebelum keramas 

Masih ada sebagain orang yang bingung apakah minyak rambut dipakai sebelum atau sesudah keramas? Disarikan dari Healthline dan Vogue India, minyak rambut dipakai sebelum keramas.

Pastikan, rambut dalam keadaan bersih. Dr. Geetika Mittal Gupta, Direktur Medis Klinik ISAAC Luxe di India, mengatakan, kondisi rambut kering dan bersih membantu proses penyerapan minyak. 

“Kamu bisa menggunakan minyak saat rambut lembap atau kering, tetapi rambut dan kulit kepala harus bersih, jika tidak, maka minyak tidak akan bisa terserap,” kata Gupta dalam Vogue India.

Untuk minyak dengan konsentrasi yang lebih berat seperti minyak kelapa, maka waktu pemakaian yang terbaik adalah dalam kondisi rambut kering sebelum keramas. Selain itu, keramas membantu membersihkan sisa minyak karena dapat menyumbat pori-pori. 

Baca juga: 6 Pilihan Minyak Rambut Alami dan Manfaatnya 

2. Malam atau siang hari 

Ada beberapa pendapat mengenai penggunaan minyak rambut pada malam atau siang hari. Melansir dari Healthline, minyak rambut disarankan dipakai pada malam hari sebelum tidur. 

Setelah mengoleskan minyak rambut dan memijatnya secara perlahan, kamu bisa membungkus rambut dengan handuk, dan biarkan semalaman agar hasilnya maksimal. Keesokan harinya, keramas rambut menggunakan sampo, dan bilas sampai bersih.

Namun, catatan Vogue India dan Times of India tidak sependapat dengan informasi di atas. Disarikan dari kedua sumber tersebut, mendiamkan minyak rambut semalaman justru dapat menyumbat pori-pori dan folikel, bahkan berpotensi menimbun kotoran di rambut. 

“Menggunakan minyak rambut semalaman akan menyebabkan penumpukan debu sehingga melemahkan rambut,” ujar Dr. Sandhya Lakshmi dalam Vogue India. 

Idealnya, setelah dioleskan ke rambut, minyak rambut didiamkan selama 3-4 jam, kemudian bilas hingga bersih. Oleh sebab itu, kamu perlu bertanya kepada dokter spesialis kulit mengenaikan perawatan tersebut guna menyesuaikan dengan kondisi rambutmu. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Minyak Rambut yang Tepat 

Dr. Sandhya juga menambahkan, mengoleskan rambut sebaiknya dilakukan pada siang hari. Sebab, folikel rambut secara alami menutup menjelang malam hari, sehingga sebaiknya menghindari pemakaian minyak pada malam hari. 

“Minyak rambut tidak akan dimetabolisme atau diserap dengan baik. Hal ini harus dihindari sepenuhnya oleh orang-orang yang cenderung mengalami alergi tubuh, pilek, batuk, asma, sinusitis, nyeri leher dan otot leher kaku,” ujar Dr. Sandhya yang merupakan dokter dengan fokus pada ilmu ayurveda, atau sistem pengobatan alami dari India. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com