BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Mengenal Illusion Setting, Teknik Kreatif Menciptakan Berlian Terlihat Lebih Memukau

Kompas.com - 28/05/2024, 10:55 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Di dunia perhiasan, keindahan tak selalu identik dengan ukuran. Teknik "illusion setting" membuktikan hal ini.

Illusion setting adalah teknik dalam pembuatan perhiasan berlian yang bertujuan membuat berlian tampak lebih besar dan berkilau lebih terang dari ukuran sebenarnya.

Teknik itu dilakukan dengan menempatkan berlian di rangka khusus yang dirancang untuk memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam berlian.

Rangka tersebut terbuat dari logam yang dipoles atau dipotong dengan pola tertentu agar berlian terlihat lebih menonjol dan mencolok. Melalui teknik ini, ilusi berlian yang lebih besar pun tercipta tanpa harus menggunakan berlian yang lebih mahal.

Dirangkum dari berbagai sumber, teknik illusion setting diciptakan oleh seorang ahli perhiasan asal Prancis yang hidup pada awal abad ke-19, Oscar Massin. Ia menciptakan teknik tersebut untuk membuat berlian berukuran kecil tampak lebih besar dan mewah.

Baca juga: Ingin Beli Cincin Emas untuk Kado Spesial? Pahami Dulu Kadar Karat pada Perhiasan

Mula-mula, Massin bekerja sebagai magang perajin perhiasan. Bakatnya terungkap ketika sang majikan menemukan beberapa rancangan desain perhiasannya yang luar biasa. Atas bakat tersebut, Massin dipromosikan dan diberi ruang kerja sendiri.

Massin kemudian mengembangkan gaya illusion setting yang pada masa itu dikenal sebagai "illusory setting" dengan tujuan utama memperbesar tampilan berlian kecil.

Teknik itu menjadi solusi inovatif bagi para perajin perhiasan untuk meningkatkan nilai estetika perhiasan dengan berlian kecil dan sekaligus memberikan pilihan yang lebih ekonomis bagi para pembeli.

Kontribusi Massin dalam dunia perhiasan bukan itu saja. Ia juga berkontribusi pada gerakan Art Nouveau yang sedang berkembang pada akhir 1890-an. Sebelumnya, ia dianugerahi Grand Prix untuk tiara renda berlian buatannya pada 1878.

Meski namanya terlupakan, kontribusi Massin terhadap dunia perhiasan terus berlanjut, terutama terlihat pada cincin berlian illusion setting yang menawan.

Teknik illusion setting tak hanya terbatas pada satu berlian kecil yang dikelilingi logam bermotif facet. Ada juga jenis ikat ilusi cluster yang menggunakan banyak berlian kecil yang disusun rapat untuk menciptakan kesan seperti berlian solitaire.

Ketika dilihat dari jauh, kilauan gabungan berlian kecil tersebut akan tampak seperti berlian solitaire besar.

Baca juga: 5 Serial Netflix tentang Fesyen, Bisa Jadi Inspirasi biar Tampil Stylish

Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi The Palace Jeweler. Dok. CMK Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi The Palace Jeweler.

Perhiasan Berlian Ilusi The Palace Jeweler

Berlian illusion setting adalah solusi ideal bagi Anda yang ingin memiliki perhiasan berlian yang cantik dan berkilau tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Perhiasan ini dapat ditemukan di The Palace Jeweler, salah satu penyedia perhiasan emas dan berlian Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin (3T) di Indonesia.

The Palace Jeweler merupakan merek perhiasan profesional di bawah naungan PT Central Mega Kencana (CMK). Selain The Palace Jeweler, CMK juga menaungi merek retail perhiasan terkenal, seperti Frank & co. dan MONDIAL.

CMK didukung oleh CMK Studio yang memiliki lebih dari 1.200 perajin berkemampuan tinggi serta mesin-mesin berteknologi terbaru dan CMK Lab yang melakukan quality control dengan sangat teliti pada setiap produk yang dibuatnya.

Dengan 59 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, The Palace Jeweler selalu menjamin standar pelayanan terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan perhiasan dan batu berharga Anda.

Baca juga: Ingin Hubungan Asmara Jauh dari Prahara? Coba Terapkan 5 Cara Ini

Terinspirasi dari keindahan taman bunga, Perhiasan Berlian Ilusi dari The Palace Jeweler menggunakan teknik bright cut setting dan illusion setting yang membuat berlian tampak lebih besar.

Setiap perhiasan pada koleksi tersebut menggunakan berlian berkualitas tinggi, yakni grade H, dengan tingkat kejernihan very slightly included atau (H VS), serta bermotif bunga manis sehingga memberikan kesan elegan dan indah.

Tersedia dalam berbagai pilihan liontin berlian, cincin berlian, dan anting-anting wanita, Perhiasan Berlian Ilusi dapat disesuaikan dengan gaya pribadi pemakainya. Perhiasan ini cocok dipakai sehari-hari dan dapat ditumpuk (stacked) dengan perhiasan timeless lain.

Karena itu pula, perhiasan ini bisa menjadi ide hadiah berbeda untuk orang terkasih.

Baca juga: Tidak Sebatas Ucapan, Begini Minta Maaf yang Benar pada Pasangan

Gelar pameran perhiasan istimewa di Bandara Soekarno-Hatta

The Palace Jeweler memanjakan para pencinta perhiasan dengan menghadirkan pameran spesial di Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Pameran ini berlangsung mulai dari Jumat (5/4/2024) dan menghadirkan desain booth yang unik berbentuk cincin raksasa.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/5/2024), General Manager The Palace Jeweler Jelita Setifa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Pixel dan Angkasa Pura atas kesempatan yang diberikan untuk menyelenggarakan pameran ini.

Ia juga menjelaskan bahwa pameran tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen The Palace Jeweler untuk memperkenalkan koleksinya kepada masyarakat luas dan mewujudkan konsep 3T.

“Sebagai national jeweler, The Palace Jeweler selalu mengedepankan budaya Indonesia dalam setiap koleksinya. Hal ini dilakukan untuk menjadikan perhiasan The Palace Jeweler sebagai karya lokal berkualitas tinggi dengan pelayanan terbaik. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di kancah internasional,” ucapnya.

Di stan itu, pengunjung bisa melihat dan membeli berbagai koleksi perhiasan indah dari The Palace Jeweler, yakni Perhiasan Berlian Ilusi, serta Moela, Frank Gold, Kekaseh, dan Nusantara.

Moela sendiri merupakan lini perhiasan berlian dengan harga mulai Rp 888.000 sehingga Anda dapat tampil menawan tanpa perlu menguras dompet.

Baca juga: Keindahan dan Makna Mendalam Tiga Batu Permata Terpopuler

Sementara, Frank Gold merupakan lini perhiasan emas dari CMK. Dibuat dari material premium dengan menggunakan teknologi Italia terbaru serta mengusung desain klasik dan modern, koleksi perhiasan pada lini ini terlihat unik, elegan, dan trendi.

Koleksi terbaru Frank Gold, yakni Geometric Collection, wajib dimiliki. Pasalnya, koleksi ini menampilkan enam pasang desain anting-anting emas 18 karat dengan desain geometric memukau.

Tak kalah unik, Kekaseh merupakan koleksi perhiasan pernikahan hasil kolaborasi CMK dengan Anne Avantie. Desainnya terinpirasi dari keindahan batik Indonesia.

Keindahan yang sama juga bisa ditemukan pada koleksi Nusantara yang merepresentasikan daerah Indonesia bagian barat. Secara keseluruhan, desainnya merujuk pada ciri khas pending yang dahulu kerap dipakai oleh raja dan ratu sebagai hiasan alat pinggang.

Informasi selengkapnya mengenai koleksi perhiasan berlian dari The Palace Jeweler bisa Anda temukan pada Instagram, TikTok, dan website The Palace Jeweler. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com