Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Chelsea Manalo, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Jadi Miss Universe Filipina 

Kompas.com - 28/05/2024, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Perempuan berusia 24 tahun tersebut, menorehkan sejarah sebagai perempuan berkulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut.

Terpilihnya Chelsea sebagai Miss Universe Filipina 2024, menggugurkan standar kecantikan di Filipina yang identik dengan kulit lebih cerah. Netizen Filipina memberikan respons positif atas kemenangan Chelsea dan menilainya sebagai diversifikasi standar kecantikan di negara tersebut. 

Baca juga: Chelsea Manalo, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina

Lantas, siapa sebetulnya Chelsea Manalo? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari CNN, Tatler Asia, dan GMA News. 

Profil Chelsea Manalo

1. Keturunan Filipina-Amerika-Afrika 

Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut. 
Dok. Instagram @themissuniverseph Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut.

Chelsea merupakan perempuan berdarah campuran. Ibunya adalah perempuan Filipina tulen, sementara ayahnya keturunan Afrika-Amerika. 

Dalam Miss Universe Filipina, dia mewakili Bulacan, sebuah provinsi di utara Manila, yang merupakan kampung halamannya. 

2. Berprofesi model 

Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut. Dok. Instagram, @@manalochelsea Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut.

Chelsea berprofesi sebagai modal. Maka, tak heran jika dia tampak luwes dan percaya diri saat melenggang di panggung Miss Universe Filipina 2024. 

Dia telah memulai perjalanan karir sebagai model sejak usia 14 tahun. Meskipun cita-cita awalnya adalah sebagai pembalap mobil, namun Chelsea menemukan bakat di dunia modeling dan mulai menekuninya. 

Kerja kerasnya pun membuahkan hasil. Sebagai model dia sudah bekerja sama dengan berbagai desainer dan merek, baik di FIlipina maupun internasional, seperti MEGA, Preview, Job Dacon, dan Mark Bumgarner. 

Chelsea juga kerap tampil membawakan busana rancangan desainer ternama di atas catwalk

Baca juga: Dua Miss USA “Resign”, Diduga karena Lingkungan Tak Bersahabat

3. Pernah ikut kontes kecantikan

Ratu kecantikan Filipina ini, bukan pertama kalinya mengikuti kontes kecantikan. Bahkan, dia telah berpartisipasi dalam kontes kecantikan sejak sekolah menengah. 

Salah satu pertasi yang paling menonjol menjadi terpilih sebagai 15 finalis dalam ajang Miss World Filipina 2017 lalu. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com