Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menjadi Lebih Percaya Diri dan Meningkatkan Harga Diri 

Kompas.com - 31/05/2024, 08:47 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kita semua pernah mengalami kondisi yang tidak menyenangkan, entah melakukan kesalahan di tempat kerja, dikritik teman, atau mempermalukan diri sendiri saat pertemuan.

Ada banyak situasi dalam hidup ketika harga diri kita terpuruk dan kita kesulitan mencari cara untuk menjadi lebih percaya diri.

Tapi apa sebenarnya harga diri itu?

Baik naik, turun, atau berada di tengah-tengah, harga diri kita memengaruhi cara kita memandang diri sendiri. Harga diri merupakan landasan penting dalam banyak hal: Keyakinan kita terhadap kemampuan kita, bagaimana kita menilai diri kita, dan cara kita membandingkan diri kita dengan orang lain.

Harga diri yang rendah - ketika kita kritis terhadap diri sendiri - dapat berkembang seiring berjalannya waktu, namun kita dapat memunculkannya kembali dengan mengubah cara memandang diri sendiri dan pikiran negatif yang  muncul.

Dan memiliki harga diri yang baik bukan hanya berarti merasa nyaman dengan diri sendiri. Rasa harga diri kita juga dapat sangat memengaruhi kesehatan mental.

Baca juga: Memiliki Harga Diri yang Tinggi Penting, Kenapa?

“Sangat penting bagi kesehatan mental untuk memiliki kepercayaan diri pada kemampuan kita sehingga kita memiliki rasa harga diri yang baik,” tegas psikolog Lauren Alexander, PhD. “Dan kita memiliki kemampuan untuk berkembang dan menyadari bahwa kesalahan adalah hal yang normal.”

Harga diri yang rendah dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti depresi dan kecemasan. Bahkan, keduanya kerap berjalan beriringan.

“Kapan pun kamu bergumul dengan masalah kesehatan mental, ada baiknya memikirkan harga dirimu dan cara kamu memandang diri sendiri,” kata Dr. Alexander.

Dr Alexander menjelaskan bagaimana membangun kepercayaan diri dan bagaimana meningkatkan harga diri.

Tanda-tanda harga diri rendah

Harga diri yang rendah dapat muncul dalam banyak hal - tetapi secara sederhana, hal itu berarti bersikap terlalu kejam terhadap diri sendiri.

Mungkin sulit untuk menerima bahwa kamu memiliki harga diri yang rendah. Namun menyadarinya adalah langkah penting pertama untuk melawan pikiran negatif tersebut.

Kamu mungkin memiliki harga diri yang rendah jika:

Tidak merasa yakin dengan kemampuan sendiri

Apakah kamu selalu menebak-nebak kemampuan diri sendiri? Mungkin kamu tidak yakin dengan proyek di tempat kerja atau merasa kesulitan dalam berumah tangga. Apa pun yang terjadi, kamu mungkin berpikir tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang tepat untuk menanganinya.

“Jika kamu disibukkan dengan keraguan berlebihan terhadap diri sendiri dan kemampuanmu, hal itu akan terlihat jelas dalam pekerjaan dan kehidupan pribadimu,” kata Dr. Alexander. “Meskipun hal ini tidak terlihat oleh orang lain, kualitas hubungan dan kehidupan kerjamu akan menurun dan kamu pasti akan menyadarinya.”

Kamu terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain secara negatif

Tentu, siapa yang belum pernah membandingkan dirinya dengan orang lain - sulit untuk tidak melakukannya. Namun akan menjadi masalah jika kamu melakukannya secara negatif dengan menilai diri sendiri rendah dibandingkan orang lain dan menyalahkan diri sendiri karena tidak cukup cantik, kurang sukses, tidak cukup kaya, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com