Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Kebiasaan Ini? Mungkin Kamu Kurang Percaya Diri

Kompas.com - 08/11/2023, 15:31 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Ideapod

KOMPAS.com - Percaya diri adalah sebuah karakteristik yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu. Ketika seseorang merasa percaya diri, mereka cenderung mampu menghadapi berbagai tantangan, berkomunikasi dengan lebih lancar, dan meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun, percaya diri bukanlah hal yang selalu mudah diperoleh, dan banyak faktor yang dapat memengaruhinya. Salah satu faktor yang sering diabaikan adalah kebiasaan-kebiasaan tertentu yang seringkali dilakukan oleh orang yang kurang percaya diri.

Maka dari itu, mari kita cermati beberapa kebiasaan yang sering dijumpai pada individu yang merasa kurang percaya diri.

Dengan mengenali dan memahami kebiasaan-kebiasaan ini, kita dapat membantu diri sendiri atau orang lain untuk mengembangkan rasa percaya diri yang lebih kuat.

Baca juga: 8 Bahasa Tubuh yang Menandakan Kita Kurang Percaya Diri

Dan jika kamu termasuk orang yang kerap melakukan kebiasaan ini, mungkin saja kamu merasa kurang percaya diri.

Kebiasaan orang yang kurang percaya diri

1. Terlalu banyak mengatakan “maaf”

Pernahkah kamu mendapati dirimu meminta maaf sepanjang waktu meskipun sebenarnya hal tersebut tidak diperlukan? Mungkin kamu berpikir bahwa itu adalah sikap sopan dan penuh perhatian, tetapi meminta maaf secara berlebihan bisa jadi merupakan tanda kurangnya rasa percaya diri.

Jika kita terus-menerus meminta maaf, sering kali hal itu terjadi karena kita berusaha menjaga perdamaian atau menghindari kemungkinan konflik. Kita mungkin merasa telah melakukan tindakan yang merugikan atau menyebabkan ketidaknyamanan padahal sebenarnya tidak.

Jika ini terdengar seperti dirimu, ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk menyuarakan pendapatmu.

2. Kamu adalah seorang ‘people pleaser’

Jika kamu selalu berusaha keras untuk membuat orang lain senang bahkan dengan mengorbankan kebahagiaan atau kenyamananmu sendiri, itu berarti kamu adalah seorang ‘people pleaser’, dan itu bisa menjadi tanda kurangnya kepercayaan diri.

Ketika kita terus-menerus berusaha menyenangkan orang lain, kita mungkin mencari pengakuan karena merasa bahwa diri kita sendiri belum cukup baik.

Ingatlah bahwa kamu tidak bisa menyenangkan semua orang sepanjang waktu. Tidak apa-apa untuk memprioritaskan kebutuhan dan keinginanmu sendiri.

3. Tidak menerima pujian dengan mudah

Jika setiap kali seseorang memujimu dan kamu mengabaikannya atau meremehkan pencapaianmu sendiri daripada mengucapkan “terima kasih”, bisa jadi rasa percaya diri kamu rendah. Hal ini dikarenakan kamu merasa tidak pantas menerima pujian tersebut.

Jika kamu mendapati dirimu melakukan hal ini, cobalah berlatih menerima pujian dengan ramah karena tidak apa-apa untuk merasa bangga dengan pencapaianmu dan membiarkan orang lain mengakuinya juga.

Baca juga: Tak Disadari, 7 Hal yang Cerminkan Kamu Tak Percaya Diri

4. Terlalu kritis terhadap diri sendiri

Kritik diri yang terus-menerus bisa menjadi tanda rendahnya kepercayaan diri. Jika kamu selalu menyalahkan diri sendiri karena kesalahan atau kegagalan kecil, mungkin inilah saatnya untuk menilai kembali caramu menerima diri.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, individu dengan kepercayaan diri rendah cenderung lebih gampang depresi dalam jangka panjang. Dalam kasus yang ekstrim, hal ini bahkan dapat menyebabkan penyalahgunaan zat dan alkoholisme.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com