Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini 5 Tips Menghindari Cowok Tanpa Modal 

Kompas.com - 02/06/2024, 13:34 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Memilih pasangan yang tepat merupakan kunci untuk menjalani hubungan sehat. Namun, dengan beragam sifat manusia, tidak dipungkiri ada laki-laki atau cowok yang punya sifat tidak baik atau bisa disebut cowok red flag, dalam istilah kekinian.

Salah satunya adalah cowok tanpa modal. Biasanya, cowok tipe ini, enggan mengeluarkan biaya dan bergantung pada perempuan atau cewek saat berada dalam sebuah hubungan. 

Baca juga: Kenapa Ada Perempuan yang Mau Menikah dengan Laki-laki Tanpa Modal? 

Tipe cowok tersebut, sebaiknya dihindari dalam sebuah hubungan, utamanya saat memilih pasangan suami. Meskipun, ada sejumlah perempuan yang bersedia menikah dengan laki-laki yang tidak bekerja, meskipun jumlahnya sedikit. 

Jika kamu tidak ingin terjebak dengan cowok tanpa modal ini, maka simak tips berikut ini dari para psikolog. 

Ilustrasi cara menghindari cowok red flagShutterstock/fizkes Ilustrasi cara menghindari cowok red flag

1. Ketahui keterampilannya 

Psikolog Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi, mengatakan, agar terhindar dari cowok tanpa modal tersebut, maka sejak awal perkenalan sebaiknya mencari tahu keterampilan yang dimiliki cowok tersebut. 

Keterampilan tersebut akan berguna untuk mencari pekerjaan nantinya. Apabila menjumpai cowok tanpa keterampilan dan tidak memiliki keinginan untuk bekerja, maka sebaiknya dihindari. 

“Agar terhindar dari cowok yang malas bekerja, maka sejak masa perkenalan perlu memperhatikan apakah pria ini memiliki keterampilan untuk bekerja dan mempertahankan pekerjaannya,” ujar Pingkan saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Minggu (2/6/2024). 

2. Hindari cowok malas 

Malas merupakan salah satu tanda-tanda cowok tanpa modal. Pingkan menuturkan, sifat ini sulit berubah bahkan setelah menikah nantinya. 

Salah satu tanda cowok malas adalah sering berhenti bekerja, kemudian memiliki tidak bekerja. 

“Jika terlalu sering berhenti kerja, sudah malas sejak sekolah atau kuliah, maka jangan berharap ia pasti berubah setelah menikah,” tutur Pingkan. 

Baca juga: Bagaimana jika Terlanjur Menikah dengan Laki-laki Tanpa Modal?  

3. Ketahui pembagian peran dalam keluarga 

Saat masa perkenalan mulai intens, cewek bisa bertanya mengenai keluarganya. Utamanya, pembagian peran dalam keluarganya. 

Misalnya, apakah cowok ini termasuk anak yang dimanja? Apakah ayahnya juga tidak bekerja dan bergantung secara finansial pada ibunya?

“Jika ya, maka ada kemungkinan, ia mengamati hal tersebut dan melihat kemalasan sebagai hal yang wajar,” imbuh Pingkan

4. Pilih cowok yang bertanggung jawab secara finansial 

Pernah dengar ungkapan “Mau tahu watak asli seseorang? Maka cobalah berurusan uang dengannya”. 

Begitu pula saat mencari pasangan. Dihubungi terpisah, Psikolog Klinis Forensik, Dra.A. Kasandra Putranto, menyampaikan penting sebagai perempuan untuk untuk memilih pasangan dengan bijak. 

Pastikan memiliki pasangan yang bertanggung jawab, termasuk perihal keuangan. 

“Pastikan  memilih pasangan yang memiliki sikap yang baik terkait keuangan dan tanggung jawab dalam hubungan,” tuturnya kepada Kompas.com. 

Baca juga: 4 Sifat Red Flag pada Cewek yang Sebaiknya Dihindari

5. Jangan terpaku pada penampilan 

Saat mencari pasangan, penampilan menjadi salah satu pertimbangan. Namun, sebaiknya jangan terlalu fokus pada penampilan melainkan lebih kepada sifat laki-laki tersebut. 

Perhatikan juga kepribadian dan karakter mereka, apakah mereka bisa menjadi seorang suami yang bertanggung jawab nantinya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com