Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Bahan Tenun Dipadukan dengan Kulit Menjadi Sepatu

Kompas.com - 08/06/2024, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Penggunaan kain tenun sebagai busana dan aksesoris kini semakin sering kita jumpai, baik dalam bentuk baju, outer, bawahan, hingga pemanis untuk tas dan sepatu.

Kain tenun dipilih karena merupakan kain indah yang dibuat dengan tangan, sehingga memberi kesan etnis dan eksotik, sekaligus memberdayakan masyarakat pembuatnya.

Hal yang sama dilakukan brand asal Jepang, Onitsuka Tiger yang menggabungkan bahan tenun dalam koleksi sepatunya, berkolaborasiny dengan DoiTung Development Project.

"Kain tenun yang digunakan ini dibuat dengan prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan, dan sebagian diantaranya merupakan produk daur ulang," ujar Fara Aldila, Marketing Manager Onitsuka Tiger Indonesia, saat memperkenalkan produk tersebut di Plaza Indonesia, Jumat (7/6/2024).

Project ini berfokus pada sustainability dari Mae Fah Luang Foundation, sebuah organisasi nirlaba milik Kerajaan Thailand. Pada tahun 2021 project ini mendapatkan antusiasme dari para pecinta sneakers dunia sehingga Onitsuka Tiger X DoiTung kembali dihadirkan pada koleksi terbaru Spring Summer 2024.

Onitsuka Tiger X DoiTungemrizkiaditya Onitsuka Tiger X DoiTung
Pada koleksi kali ini, desain sepatunya merupakan perpaduan antara seri-seri sepatu paling populer milik Onitsuka tiger, dengan menampilkan ciri khas tenun karya pengrajin Thailand. 

Gabungan kain tenun tangan yang diproduksi secara lokal oleh DoiTung dengan desain sederhana brand asal Jepang tersebut membuat koleksi ini menjadi istimewa."

Lalu bagaimana dengan kekuatan kain tenun saat dijadikan bahan sepatu? Melihat dan meraba bahan tersebut, terasa bahwa kain ini ditenun dengan rapat menggunkan bahan yang kuat, sehingga mirip seperti kanvas.

"Tentu ini sudah dirancang lebih kuat dan melewati pengujian agar bisa dipadukan dengan bahan kulit dan tetap nyaman dipakai," ujar Aldila.

Kolaborasi antara Onitsuka Tiger dan DoiTung Development Project menghadirkan desain tekstil tenun baru, yang diaplikasikan pada tiga model sepatu, yaitu Mexico 66, Mexico 66 Paraty, dan Serrano CL.

Onitsuka Tiger X DoiTungemrizkiaditya Onitsuka Tiger X DoiTung
Pemilihan ketiga model sepatu ini didasarkan pada pola yang memungkinka kain tenun dimasukkan dalam bagian sepatu, sehingga hasilnya sepatu memiliki desain aslinya, namun menggunaan bahan tenun di beberapa bagiannya. 

Dibandingkan dengan kolaborasi sebelumnya, sebagai inovasi baru koleksi ini menggunakan hand-woven tekstil yang terbuat dari 100% PET recycle varn. Semua model sepatu dibuat menggunakan proses manufaktur dan bahan yang ramah lingkungan. Termasuk bahan suede dan kulit sintetis yang digunakan dengan memanfaatkan bahan daur ulang, sebagai penguat pada sepatu.

Koleksi Onitsuka Tiger X DoiTung tersedia secara di toko Onitsuka Tiger Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall, Kota Kasablanka, Beachwalk Bali, Deli Park Medan, TSM Makassar, Pakuwon Jogja dan Pakuwon Surabaya.

Baca juga: Onitsuka Tiger Luncurkan Sepatu Berbahan Tenunan Limbah Plastik

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com