Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Alasan Kucing Liar Suka Berkeliaran di Halaman Rumah

Belum lagi, jika kita memiliki hewan peliharaan di rumah, kucing liar bisa mengagetkan dan menandai wilayahnya, yang dapat menyebabkan masalah perilaku pada hewan peliharaan kita.

Nah, dilansir dari laman Best Life, para ahli memberikan beberapa penjelasan mereka tentang alasan kucing liar suka berkeliaran di halaman rumah sebagai berikut.

1. Makanan

Bagi hampir semua hewan liar atau hama, makanan akan menjadi hal nomor satu yang menariknya ke mana saja, tidak terkecuali kucing.

"Ini mungkin termasuk sisa makanan di mangkuk hewan peliharaan jika kita memberi makan di luar, atau bisa juga dari tong sampah, dan sisa makanan lainnya," kata Nicole Carpenter, CEO Black Pest Prevention.

Nicole juga menunjukkan bahwa kucing liar bisa saja datang ke halaman rumah karena sumber makanan di masa lalu.

"Kucing memiliki ingatan yang sangat baik dan dapat dengan mudah mengingat di mana menemukan sesuatu yang sangat lezat," terangnya.

2. Mengincar mangsa

Bukan hanya makanan manusia, hewan lain dan serangga yang menjadi mangsa juga menarik perhatian kucing liar yang lapar.

"Jika kita senang memberi makan burung dan memiliki sangkar dan tempat makan burung, kucing liar akan tertarik dengan godaan seperti itu," ungkap Nicole.

Menurut spesialis perbaikan rumah, Joshua Bartlett, tikus dan hewan pengerat kecil lainnya juga bisa menarik perhatian kucing yang ingin berburu.

3. Ingin mendapatkan air

Tentu saja, yang sama pentingnya dengan makanan bagi kucing adalah air.

"Tempat mandi burung, air mancur, atau bahkan keran air yang menetes bisa menarik kucing liar ke halaman rumah," kata Joshua.

Sumber lain termasuk mangkuk air hewan peliharaan kita, atau genangan air yang menumpuk di teras rumah.

4. Beberapa tanaman yang menarik

Beberapa tanaman yang tumbuh di halaman rumah juga bisa menarik perhatian kucing liar.

Menurut Nicole, tanaman ini termasuk wheatgrass, rosemary, valerian, dan chamomile.

Selain itu, kebun sayur juga dapat menjadi daya tarik, karena kucing biasanya tertarik pada tanaman yang kaya vitamin dan mineral.

"Peterseli adalah tanaman favorit yang menyediakan vitamin A, B, C dan beta karoten, kalium dan mineral lainnya, sementara pucuk wortel mengandung vitamin A dan beta karoten, dan bayam mengandung kalsium yang tinggi serta vitamin C dan A," tulis Los Angeles Times.

5. Tempat bersembunyi yang hangat

Jika kita pernah tinggal bersama kucing rumahan, kita pasti tahu bahwa hewan ini suka mencari tempat yang nyaman untuk meringkuk, entah itu kotak kardus atau di dalam lemari.

Demikian halnya dengan kucing liar yang juga menyukai tempat persembunyian yang memberikan kehangatan saat cuaca dingin.

"Kucing secara alami tertarik ke tempat-tempat yang bisa memberikan perlindungan dan kehangatan," terang Joshua.

Ini termasuk di bawah dek, di gudang, atau sudut nyaman lainnya di halaman. Kucing liar juga mungkin tertarik pada sumber panas seperti mesin mobil, terutama dalam cuaca yang lebih dingin.

"Semak-semak, tanaman yang lebat, atau lumbung terbuka dan tempat lainnya dapat menarik bagi kucing yang mencari tempat berlindung sementara," tambah Nicole.

6. Kucing lain

Jika kita memelihara kucing sendiri di rumah, kucing liar mungkin akan tertarik ke halaman rumah kita.

"Kucing liar biasanya tertarik pada bekas aroma yang ditinggalkan oleh kucing lain," kata Joshua.

Sementara, Nicole menambahkan bahwa kucing liar mungkin sedang mencari pasangan kawin jika melihat ada kucing lain.

"Kucing, terutama kucing jantan, tertarik dengan aroma hormonal dari pasangannya. Kecuali jika kita memiliki hewan yang dikebiri atau dimandulkan di rumah, kita mungkin sering menemukan kucing tetangga di halaman rumah," jelasnya.

Apa yang harus dilakukan bila melihat kucing liar di halaman rumah?

Sebagian besar dari kita mungkin tidak ingin kucing liar berkeliaran di halaman rumah, tetapi penting untuk mengambil langkah yang tepat ketika kita melihatnya, terutama jika kucing tersebut tampak sakit, terluka, atau kekurangan gizi.

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberinya makanan dan air," saran Susan Nilson, seorang ahli pelatihan dan perilaku kucing dan anjing.

"Jika kucing lari dan bersembunyi atau kita terlalu takut untuk mendekatinya, kita bisa meninggalkan makanan dan air di luar, serta membuat tempat berlindung untuknya dari kotak kardus atau sejenisnya," ujar dia.

Kemudian, jika kucing tersebut memiliki tanda pengenal, maka kita bisa menghubungi pemiliknya. Jika tidak, Susan menyarankan membawa kucing tersebut ke dokter hewan, sehingga mereka bisa mengetahui apakah kucing tersebut sudah di-microchip.

"Kita selalu dapat menghubungi tim penyelamatan hewan atau tempat penampungan hewan setempat untuk mendapatkan saran dan dukungan," tambahnya.

Namun, seperti yang dikatakan oleh Stephen Quandt, pendiri Stephen Quandt Feline Behavior Associates, kita tetap harus berhati-hati terhadap kucing liar, karena ada beberapa kucing yang tidak pernah bersosialisasi dengan manusia dan umumnya tidak dapat disentuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/12/06/152603820/6-alasan-kucing-liar-suka-berkeliaran-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke