Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama RI-Jepang Sangat Berarti Saat Krisis

Kompas.com - 01/11/2008, 13:10 WIB

JAKARTA, SABTU - Kerja sama Indonesia dan Jepang dinilai sangat berarti dalam menghadapi krisis keuangan global yang terjadi belakangan ini. Hal ini disampaikan oleh mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda dalam keterangan pers Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (1/11).

Fukuda mengatakan jika Indonesia dan Jepang bekerja sama dengan mengolaborasikan kekuatannya masing-masing, maka dapat membantu negara-negara di sekitarnya yang terhempas karena krisi sehingga Asia akan menjadi wilayah yang cukup kuat untuk berdiri di tengah badai.

Menurut penilaian Fukuda, jika dibandingkan sejumlah negara lainnya, Indonesia memang mengalami imbas krisis keuangan global, namun relatif masih sedikit bahkan cenderung aman. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia bahkan dinilai baik dan lancar. "Dibandingkan negara lain, ekonomi Indonesia cukup lancar dan berkembang pesat. Memang di dalam negeri (Indonesia) banyak permasalahan seperti kesenjangan ekonomi pusat dan daerah. Tapi di dunia tidak ada satupun negara yang sempurna," ujar Fukuda.

Dampak melonjaknya harga minyak beberapa waktu lalu yang diikuti dengan munculnya kriris keuangan serta turunnya harga saham dan rendahnya nilai tukar uang juga mempengaruhi dalam negeri Jepang. Harga minyak dan pangan naik serta kehidupan masyarakat mengalami kesulitan.

Namun menurut Fukuda, dibandingkan Jepang, Indonesia memiliki beberapa keunggulan dalam situasi ini. Indonesia tidak terlalu banyak mengimpor barang. Populasi di Indonesia yang semakin tinggi dan kekayaan sumber daya alam juga dipandang sebagai modal istimewa Indonesia. "Di Jepang, populasi semakin berkurang sehingga semangatnya makin lemah. Indonesia punya potensi yang cukup besar untuk tumbuh. Jadi Indonesia harus bersemangatlah," tandas Fukuda.

Fondasi sosial yang cukup kuat di Indonesia, menurut Fukuda, juga baik untuk menopang perekonomian. Artinya, demokratisasi di tengah masyarakat makin maju dan berkembang. Fukuda juga mengatakan Jepang juga memiliki kemampuan untuk tegar menghadapi dan mengatasi krisis. Oleh karena itu, kekuatan kerja sama Indonesia dan Jepang sangat penting untuk memberi kontribusi kepada negara-negara sekitarnya yang membutuhkan untuk bersama-sama keluar dari krisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com