Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Il Menderita Kanker Pankreas

Kompas.com - 13/07/2009, 18:00 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il dikabarkan menderita kanker pankreas. Laporan dari televisi YTN Korea Selatan, Senin (13/7), mengatakan, sehari sebelumnya, Jong Il yang kelihatan kurus tampil di layar televisi. Spekulasi pun bermunculan karena sosok gaek ini, tahun lalu, juga terserang stroke. Pihak televisi Korsel sendiri mengaku memperoleh informasi dari sumber intelijen, baik dari Korsel maupun China.

Biasanya, kanker pankreas ditemukan di bagian akhir diagnosis stroke. Nah, mengingat usia Jong Il yang berada di angka 67 tahun, diduga, harapan hidupnya tak lebih dari lima tahun ke depan. 

Sementara itu, laporan Senin tersebut juga mengungkapkan, Jong Il muncul kembali ke publik saat mengenang mendiang ayahnya, Kim Il Sung, pekan lalu. Waktu itu, Jong Il kelihatan kurus dan makin membotak kepalanya. Banyak yang menduga, kondisi seperti itu adalah efek dari stroke yang dideritanya.

Kim Jong Il menjadi orang nomor satu di Korut pada 1994. Kala itu, ia menggantikan sang ayah yang meninggal dunia pada usia 82 tahun karena gagal jantung. Jong Il sampai kini masih menjabat sebagai Pemimpin Komisi Pertahanan Nasional Korut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com