Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sekolah Kembar" antara Yogyakarta dan Ceko

Kompas.com - 04/11/2009, 09:31 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sekolah Budi Mulia Dua Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Sekolah Vladislava Vancury Praha, Ceko, untuk rencana program sekolah kembar di kedua negara.

Pelaksana Fungsi Pensosbudpar KBRI Praha Azis Nurwahyudi, Rabu (4/11), mengatakan, kunjungan pengurus Perguruan Budi Mulia Dua (BMD) 2 Yogyakarta ke Sekolah Vladislava Vancury, Zbraslav Praha, Ceko, itu merupakan langkah awal pelaksanaan kerja sama tersebut.

Untuk kerja sama tersebut, Sekolah Valdislava Vancury menawarkan konsep sekolah kembar di antara keduanya dengan program awal kunjungan sejumlah siswa dan guru BMD ke sekolah tersebut pada musim gugur tahun 2010. Sementara itu, Kepala SMA BMD Yogyakarta Junita Arfani menyampaikan harapannya bahwa siswa dari sekolahnya akan dapat berkunjung ke Zbraslav dan ikut bersekolah di sekolah tersebut.

Menurut Azis, selama berada di sekolah tersebut, mereka akan memperkenalkan Indonesia, terutama Yogyakarta, melalui kegiatan seni budaya. Siswa-siswi BMD akan mengusung kesenian tradisional, seperti pementasan angklung, gamelan, dan tarian tradisional serta menampilkan kemampuan dalang cilik.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Sekolah Valdislava Vancury Jiri Kovarik menyatakan kegembiraannya karena program sekolah kembar ini adalah yang pertama kali bagi sekolah tersebut. Ia bahkan menawarkan kepada siswa BMD untuk tinggal dengan keluarga setempat selama berada di Zbraslav. Di lain pihak, Sekolah BMD juga menawarkan program kunjungan balasan bagi guru dan siswa Vladislava Vancury ke sekolah mereka di Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com