Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kondom Identik dengan Seks Bebas?

Kompas.com - 06/12/2009, 04:25 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua, Constant Karma, menegaskan, keberadaan kondom yang di bagikan dan dijual kepada masyarakat bukan untuk mengajak masyarakat melakukan hubungan seks bebas. "Seks bebas sudah ada, sehingga kondom ada. Jadi kondom ada bukan untuk seks  bebas," kata di Jayapura, Sabtu (5/12).
    
Constant Karma menjelaskan, ada dua jenis kondom yang sering dipakai dan berbeda, yakni yang di bagi oleh  BKKBN untuk kondom keluarga dan Kondom bagi mereka yang suka hubungan seks berganti-ganti pasangan. "Jenis kondom juga  berbeda, demi pencegahan penyakit ini," ungkapnya.
    
Meski demikian, Constant Karma juga  mengakui, kalau  penggunaan kondom juga masih dapat berisiko terjadinya penularan penyakit HIV/AIDS."Yang perlu adalah waspada dan menjaga diri," ajaknya.
    
Ia juga mengungkapkan, pihaknya  sudah menyediakan ATM kondom di tempat umum, namun tekadang jarang dimanfaatkan oleh masyarakat dengan alasan klasik yakni malu."Akhirnya kami hanya tempatkan di Lokalikasi Wanita Tuna Susila (WTS) seperti di Tanjung Elmo, daerah Kabupaten Jayapura," Papar Constant.
    
Terkait penggunaan kondom, Constant mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kondisi dan masa berlakunya. "Ada dua permasalahan dalam penyebaran kondom, yakni menyangkut penyimpanan dan distribusi, sehingga terkadang ada yang kurang bagus lagi untuk dipakai," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com