Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ramuan Sehat ala Qory Sandioriva

Kompas.com - 13/01/2010, 09:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jamu bukan barang asing bagi Qory Sandioriva (18), Puteri Indonesia 2009. Perempuan berdarah Gayo, Nanggroe Aceh Darussalam, itu ternyata terbiasa meminum ramuan jamu.

 

”Jamu banyak khasiatnya untuk kesehatan dan khas Indonesia,” katanya bersemangat.

 

Menjaga kesehatan memang salah satu kepedulian Qory di tengah kesibukannya sebagai Puteri Indonesia.

 

 

”Biasanya, Mama yang membuatkan ramuan tradisional itu,” ujarnya ketika ditemui di acara pencanangan Saintifikasi Jamu di Kabupaten Kendal, pekan lalu.

 

Beberapa tanaman obat yang menjadi andalannya menjaga kesehatan, antara lain sirih hitam, jahe, kencur, dan kunyit. ”Kalau saya lagi enggak enak badan, cukup iris bawang dan jahe, terus ditelan dengan air putih,” ujarnya.

 

Beberapa bahan alami, seperti tomat dan mentimun, juga kerap dia gunakan untuk masker wajah. Lalu, jamu apa yang paling disukai? Beras kencur, jawab Qory.

 

”Saya suka sekali minum beras kencur. Rasanya enak, di badan juga nyaman dan bikin tenggorokan lega. Saya kan harus bertemu banyak orang dan mesti banyak bicara juga,” ujar Qory tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran.

 

Qory juga rajin mengasah vokal. Maklum, selain ingin menjadi diplomat dan presiden, gadis ini juga bercita-cita menjadi penyanyi profesional. (INE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com