Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Malaysia ke Manado Menurun

Kompas.com - 01/09/2010, 16:35 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Wisatawan Malaysia yang datang Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penurunan 45,8 persen menjadi hanya 33 orang pada Juli 2010 dibanding bulan sebelumnya. "Juni 2010, jumlah wisatawan Malaysia yang datang masih sebanyak 72 orang, tetapi pada Juli turun tajam 33 orang. Kendati demikian, tidak diketahui apakah penurunan tersebut ada kaitan dengan hubungan Indonesia-Malaysia yang memburuk pekan terakhir ini," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Jasa Bangun, di Manado, Rabu (1/9/2010).

Jasa Bangun mengatakan, kendati jumlah kunjungan wisawatan Malaysia mengalami penurunan, tetapi secara umum kunjungan wisatawan ke Sulut pada Juli 2010 ini masih lebih tinggi dibanding bulan Juni sebelumnya. "Wisatawan yang datang berkunjung di Sulut tercatat sebanyak 1.776 orang, mengalami kenaikan  11,70 persen dibanding Juni hanya sebanyak 1.590 orang," kata Jasa.

Kendati mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya pada tahun ini, tetapi bila dibandingkan posisi sama tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 2.615 orang, maka kunjungan wisatawan pada Juli tahun ini turun sebesar 32,08 persen.

"Agustus 2009, wisatawan yang datang lebih banyak karena terkait pelaksanaan beberapa kegiatan internasional berlangsung di Kota Manado, sementara tahun ini tidak ada agenda tersebut," kata Jasa.

Dari beberapa negara yang berkunjung ke Sulut, maka wisatawan Jerman tercatat paling banyak capai 156 orang, diikuti Belanda 150 orang, Amerika Serikat 128 orang, Jepang 119, Inggris dan Australia masing-masing 118 orang, Korea Selatan 44 orang, Filipina 11 orang, dan beberapa negara lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com