Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gawat! 7 dari 10 Pasangan Tak Sanggup Bercinta

Kompas.com - 14/01/2011, 11:34 WIB

KOMPAS.com — Anda sering merasa kelelahan sehingga tak sanggup lagi bercinta dengan suami? Sering merasa lega karena tak harus menunaikan kewajiban tersebut? Hm... Anda tak sendirian. Karena menurut penelitian, tujuh dari 10 pasangan ternyata juga terlalu lelah untuk berhubungan seks.

Lebih dari satu dari dua orang (jika dirata-rata) menolak ajakan pasangannya bulan sebelumnya karena mereka terlalu capek. Satu dari lima orang mengatakan "tidak" pada minggu yang berjalan saat ini. Kemudian dua pertiga dari 3.000 orang yang disurvei mengaku bahwa mereka hanya punya waktu dan energi untuk bercinta pada akhir pekan ketika mereka tidak perlu bangun pagi esoknya.

Penyebab dari keengganan untuk membangun intimasi ini, mungkin Anda sudah bisa menebaknya, yaitu jadwal kerja yang padat, kehidupan sosial yang harus dipenuhi, dan mengasuh anak.

"Setelah sepanjang hari bekerja, atau mengasuh anak dan keluarga, banyak orang yang merasa kecapekan dan tidak mampu melakukan apa-apa lagi kecuali tidur," kata Louise White dari Pharmaton Vitality Capsules. "Bukannya menikmati waktu berkualitas dengan pasangan di balik selimut, tampaknya banyak dari mereka yang ingin langsung tidur saja."

Para peneliti juga mendapati bahwa lebih dari separuh orang Inggris menolak berhubungan seks jika sudah lewat pukul 22.00. Seperempat dari mereka bahkan sudah menolak bila ajakan dilakukan pukul 21.00. Tidak mengherankan, dalam penelitian juga terungkap bahwa satu dari dua pasangan jadi berantem karena kurangnya hubungan seks, dan 17 persen dari mereka terpaksa berpisah karenanya.

Studi ini juga menunjukkan bahwa penolakan seks bukan satu-satunya gejala kelelahan. Hampir separuh dari responden membentak pasangannya, hanya karena kehabisan energi. Kemudian 39 persen mengatakan bahwa kelelahan membuat mereka mudah lupa, dan 38 persen yang lain membatalkan janjian dengan teman karena kelewat mengantuk. Kelelahan juga membuat orang Inggris banyak membuat kesalahan di kantor, menangis, atau sakit.

Rata-rata orang dewasa merasakan kelelahan fisik atau mental selama tiga hari dalam seminggu, dan lebih dari 7 persen yang mengaku kelelahan setiap hari. Untuk mendongkrak energi, 40 persen dari mereka minum teh atau kopi, 29 persen mencoba tidur-tidur ayam, lebih dari seperempatnya berolahraga, sementara 21 persen yang lain mengandalkan cokelat untuk mengatasinya!

Untunglah, enam dari 10 pasangan mengaku bahwa mereka harus melakukan upaya yang lebih besar untuk menemukan waktu bercinta.

Berikut adalah lima alasan terpopuler yang menyebabkan kelelahan:
1. Tidak tidur nyenyak 
2. Jam kerja yang panjang
3. Pasangan baru masuk ke kamar tidur setelah terlalu larut
4. Anak-anak membangunkan orangtuanya terlalu pagi, atau membuatnya terlambat bekerja
5. Kehidupan sosial yang padat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com