Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek Tanpa Pawai Ritual Cap Go Meh

Kompas.com - 18/01/2011, 22:35 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Perayaan Tahun Baru Imlek yang menjadi agenda event pariwisata tahun ini di Makassar tidak diikuti kegiatan pawai ritual Cap Go Meh seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya.

"Ritual arak-arakan Cap Go Meh memang tidak ada dalam perayaan Imlek tahun ini karena dewa-dewa di kelenteng-kelenteng tidak ada di tempat saat ini," ungkap Wakil Ketua Walubi Sulsel, Yongris Lao, Selasa (18/1/2011).

Pawai ritual Cap Go Meh yang diselenggarakan pada hari ke-15 perayaan Imlek itu dengan mengitari kawasan pecinan (China town) di Makassar.

Namun, dia mengungkapkan, perayaan Tahun Baru Imlek akan dilaksanakan dengan kegiatan pergelaran seni masyarakat Tionghoa pada 5-7 Februari 2011.

Agenda kegiatan tahun baru China ini akan menghadirkan pameran foto-foto dan barang-barang pecinan tempo dulu, seperti arak-arakan prosesi Cap Go Meh serta kumpulan buku komik tulisan tangan dalam aksara Lontara dan Mandarin.

Kemudian, memasuki hari kedua perayaan Imlek, komunitas pemerhati budaya Tionghoa Indonesia menggelar dialog budaya yang membahas seputar sejarah sinergi dan asimilasi warga Tionghoa di Indonesia.

Dia menambahkan, selain diskusi dan pameran foto, panitia Imlek juga akan menggelar pertunjukan malam satu hati dengan menampilkan tarian empat etnis hingga atraksi juara dunia barongsai tonggak.

Dalam kegiatan itu mereka juga akan menampilkan artis-artis Mandarin dari Jakarta dan atraksi Wu Shu yang diikuti dengan pesta kembang api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com