Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Pakaian Beraksen Lipit

Kompas.com - 21/02/2011, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Tren menghias kain lipit sudah disukai sejak zaman dulu, mulai dari wiron di depan kain batik Jawa, pada bagian kemeja tuxedo, rok lipit, hingga kini, yang banyak ditemui pada busana-busana modern, seperti celana dan pada sleeve (lengan baju).

Teknik lipit ada dua tipe, yang heat-set (tegas) seperti lipit akordion dan bentuknya terbentuk dari proses pemanasan, tetapi begitu terkena air, lipitnya hilang. Yang satunya, lipit stitched-in, yakni lipit yang terbentuk sendiri karena salah satu atau kedua ujung bahan dijahit pepat dan lipitnya tidak bisa terurai.

Cara merawat lipit heat-set sebaiknya menggunakan perawatan dry-clean untuk menjaga ketegasan lipatan. Namun, bila bahannya sintetis, Anda bisa gunakan steamer sendiri di rumah untuk menjaga bentuknya. Steamer rumahan yang portable, seperti Steam Iron GC150 dari Philips (Rp 943.000 di Sogo dan Debenhams) bisa dijadikan pilihan. Sementara lipit stitched-in tak akan kehilangan ketegasannya saat terkena air, jadi bisa dicuci bersama busana lain seperti biasa.

"Zaman dulu, perempuan-perempuan membuat wiron atau lipit pada kain batik itu ditekan kuat sedikit demi sedikit. Kalau sekarang, kan sudah ada setrika listrik dan klip supaya pas disimpan tidak buyar," ungkap Rima Melati yang memiliki berkoper-koper kain batik pada talkshow yang digelar di Epicentrum Walk, beberapa waktu lalu. Lipit tegas, seperti akordion, yang biasanya digunakan juga pada lipit wiron kain batik bisa dibentuk terlebih dulu dengan paper clip di bagian bawah, lalu kemudian setrika dari arah atas ke bawah, namun jangan buat gerakan menggosok bolak-balik, karena bisa merusak bahannya, hindari pula menyetrika paper clip-nya.

Untuk kemeja tuksedo, balik dulu kemejanya, lalu setrika dari belakang lipitnya, balik kembali kemejanya, lalu tinggal tekan-tekan lipit yang sudah sedikit terlihat bentukannya. Berikan steam untuk menguatkan ketegasan lipit.

Lipit longgar sedikit lebih sulit penanganannya, karena jika Anda setrika, lipitannya akan terlalu tegas, jadi, lebih baik gunakan steamer. Caranya, hati-hati pegang bagian dari bahan dengan tangan Anda yang bebas, lalu arahkan steamer ke bagian pakaian tersebut.

Cara penyimpanan busana dengan lipit sebaiknya digantung, berikan ruang di antara busananya untuk mencegah terbentuknya kerutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com