Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Berhubungan Seks karena Capek

Kompas.com - 03/06/2011, 08:39 WIB

TANYA :

Dok, saya adalah seorang ibu dengan satu anak berumur 4,5 tahun. Akhir-akhir ini, saya malas sekali melakukan hubungan seks dengan suami karena alasan saya terlalu capek. Setelah bangun pagi, saya langsung masak, bersih-bersih rumah, ngurus anak mau sekolah, berangkat kerja, pulangnya menjemput anak serta ngurus anak dan rumah lagi.

Ketika pukul 8 malam sudah ngantuk berat dan rasanya letih sekali, jadi kadang saat diajak suami berhubungan, saya tidak mau karena rasanya sudah tidak ada tenaga lagi. Dok, normalkah saya?

(Fia, 30, Pangkalan Bun)

JAWAB :

Fungsi seksual memang dipengaruhi oleh faktor fisik dan faktor psikis. Di antara faktor fisik, antara lain adalah kesehatan tubuh secara umum, dan kebugaran fisik. Kelelahan fisik dapat menyebabkan tubuh tidak bugar.

Akibatnya, fungsi seksual terganggu, antara lain dorongan seksual terhambat. Kalau ini terjadi, orang menjadi tidak ingin atau malas melakukan hubungan seksual. Inilah yang Anda alami karena melakukan pekerjaan fisik yang berlebihan. Mungkin pekerjaan yang sama tidak menimbulkan akibat yang sama bagi orang lain.

Tetapi, lebih baik kalau Anda memeriksakan diri untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan atau penyakit yang menyebabkan Anda merasa kelelahan begitu. Kalau ternyata tidak ada gangguan atau penyakit, tentu kelelahan itu dapat dikurangi dengan mengurangi beban fisik yang Anda lakukan setiap hari. Dengan demikian, fungsi seksual dapat kembali normal dan tidak malas lagi melakukan hubungan seksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com