Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kita Makin Sering Belanja Pakaian?

Kompas.com - 07/06/2011, 08:56 WIB

KOMPAS.com - Perempuan memang tidak bisa dilepaskan dari belanja, terutama belanja produk fashion. Seburuk apapun kondisi keuangannya, tingkat konsumsi produk fashion terutama pakaian perempuan tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.

Lucy Siegle dari Cambridge University dalam risetnya mengatakan, sekitar 80 miliar produk garmen diproduksi setiap tahun di dunia. "Saya merasa, sepertinya separuh dari jumlah itu ada di ruang tidur saya," ujar Siegle.

Ia menyebutkan bahwa fenomena ini diakibatkan oleh budaya yang dibawa oleh kaum selebriti, sementara tren harga cenderung menurun. Akibatnya, jaringan toko seperti H&M dan Primark yang diminati kaum perempuan juga mampu menawarkan barang-barang yang menarik dengan harga yang lebih rendah.

"Sejak kita memasuki periode deflasi harga pakaian yang luar biasa, kita bisa membeli dalam jumlah besar saat ini," tambah Siegle.

Studi terbaru dari perusahaan fashion, Peacock, menyebutkan bahwa dari semua koleksi pakaiannya, rata-rata perempuan memiliki 22 produk garmen yang tidak pernah terpakai. Data ini juga menyebutkan setidaknya perempuan memiliki dua pasang jeans yang tidak dipakai sama sekali sejak dibeli.

Jadi, untuk apa membeli begitu banyak produk fashion jika tidak terpakai? Ada baiknya Anda memikirkan kembali fungsi pakaian yang Anda beli, daripada tergiur dengan diskon yang ditawarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com