Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehatkah Jus Buah Anda?

Kompas.com - 26/07/2011, 17:26 WIB

KOMPAS.com — Sudah merasa sehat karena rajin minum jus buah? Buah memang makanan sehat yang harus diasup setiap hari, tetapi jus buah biasanya mengandung gula tambahan yang bisa membuat berat badan semakin melar. Untuk itu, sebaiknya biasakan untuk meneliti daftar nutrisi yang tertera dalam kemasan.

- Cek tabel nutrisinya. Apakah jus itu 100 persen jus ataukah konsentrat. Beberapa produk juga mengklaim 100 persen jus tetapi masih mengandung zat pewarna dan perasa.

- Ada tidaknya serat. Pilih minuman jus yang masih mengandung daging buah di dalamnya. Kebanyakan produk tidak mengandung serat buah.

- Cek kadar gulanya. Jus buah yang mengandung gula cukup tinggi tidak layak dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari. Lebih bijaksana jika Anda memiliki jus kemasan yang mengandung gula paling sedikit.

- Cek kandungan vitamin C. Minuman yang mengandung vitamin C akan meningkatkan sistem imun tubuh.

- Waspadai warna. Kebanyakan warna yang dimiliki minuman jus kemasan tidak berasal dari buah segar tetapi dibuat dari zat pewarna.

Kesimpulannya adalah penuhi kebutuhan serat dari buah dengan mengonsumsi buah segar secara langsung atau buatlah jus sendiri tanpa tambahan gula.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com