Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suncare, Krim Tabir Surya dari Ristra

Kompas.com - 09/12/2011, 10:33 WIB

KOMPAS.com - PT Ristra Indolab meluncurkan produk barunya, Suncare, krim tabir surya yang diformulasikan secara khusus dengan pertimbangan ras kulit dan iklim tropis. Produk ini mengandung bahan aktif titanium dioxide yang didesain dalam ukuran nanopartikel, yang efektif berfungsi sebagai sunblock yang mampu melindungi kulit secara total dari efek buruk sinar UVA dan UVB.

Seperti Anda ketahui, paparan sinar UV yang merupakan sumber radikal bebas dapat berpengaruh buruk terhadap kulit dan jaringan organ tubuh lainnya. Sinar UVB dengan panjang gelombang 290-320 nanometer dapat menembus lapisan kulit sampai dengan lapisan kulit ari (epidermis), yang menyebabkan kulit terbakar (sunburn) hingga kanker.  Sedangkan UVA dengan panjang gelombang 320-400 nanometer dapat menembus ke bagian kulit yang lebih dalam, yaitu lapisan kulit jangat (dermis) yang mengakibatkan hiperpigmentasi dan penuaan dini.

Suncare menggunakan SPF17, karena berdasarkan penelitian, kulit Asia tidak memerlukan SPF yang tinggi seperti kulit kaukasia. Hal ini disebabkan butir-butir pigmen melanin Asia lebih banyak dibandingkan kulit kaukasia, sehingga secara alami sudah memiliki perlindungan kulit terhadap sinar UV. Tabir surya yang diperlukan oleh kulit orang Indonesia adalah tabir surya berspektrum luas, yang dapat menyaring UVB tapi juga sekaligus menangkal sinar UVA.

"SPF itu untuk mengukur paparan sinar UVB, yang menyebabkan pencoklatan kulit. SPF17 sudah cukup, yang lebih penting adalah integrated SPF terhadap sinar UVA dan UVB. Kalau SPF-nya semakin tinggi, yang terjadi kulit akan makin coklat," ungkap dr Indira Urip Tranggono, MBA, dokter kosmetologi Ristra, saat peluncuran produk di The 3 House, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/12/2011) lalu. 

Selain menggunakan integrated SPF, Suncare juga berbahan water based yang cocok untuk kulit Asia. Tekstur produknya terasa ringan dan mudah menyerap ke permukaan kulit, tidak lengket, tidak menyumbat pori-pori, dan tidak meninggalkan residu. Dengan pH balanced, Suncare juga menjaga agar pH kulit tetap seimbang.

Suncare menggunakan kemasan tube, dapat digunakan oleh pria dan wanita, bahkan anak-anak di atas 5 tahun. Tersedia dalam dua varian ukuran, yaitu 40 ml dan 100 ml, dan sudah dapat diperoleh di berbagai supermarket dan hipermarket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com