Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Alami Gangguan Jiwa, Dua Anak Telantar

Kompas.com - 13/12/2011, 16:40 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com - Seorang ibu muda dari Malang sebut saja Mila, serta dua anaknya Deni (8) dan Novi (4) terlantar hingga Desa Banyutengah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mereka mencari suami dan ayah dua anak itu yang selama sebulan tidak pulang.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempunan dan Anak (P2TP2A) Gresik, Khosiah, Selasa (13/12/2011), menjelaskan, awalnya Mila bersama dua anaknya sering terlihat mondar-mandir di Desa Banyutengah. Mila sering melakukan kekerasan kepada anak bungsunya, Novi, dengan cara membenturkan badannya ke tembok rumah warga dan mencubit punggungnya hingga menangis.

Tangisan Novi mengundang perhatian dari warga setempat yang merasa iba. Warga sering memberikan uang, namun uangnya hanya dibelikan mainan. Warga yang merasa iba sekaligus terganggu dengan keberadaan ibu muda dan dua anaknya itu, lalu melapor ke instansi terkait. "Akhirnya tim relawan P2TP2A menjemput mereka," kata Khosiah.

Mila yang diperkirakan terganggu jiwanya, langsung dikirim ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Perkembangan Mila yang saat ini menjalani observasi, akan terus dipantau. "Jika terbukti tidak sakit jiwa, nantinya akan dipertemukan dengan dua anaknya dan diantar ke rumahnya di Malang," kata Khosiah.

Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Suratidianingsih, menambahkan, sejak 5 Desember lalu, dua bocah anak Mila dititipkan di selter (tempat penampungan).

Hasil pengecekan kesehatan dua anak itu di puskesmas, keduanya sehat meskipun Novi terlihat kurang makan. " Jika tidak ada perkembangan baik, maka ke dua anak ini akan kami titipkan di Pondok Pesantren Bedanten, Kecamatan Bungah. Perkembangannya akan terus kami pantau," kata Suratidianingsih.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com