Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Psikologis terhadap Berat Badan

Kompas.com - 12/06/2012, 12:49 WIB

T:
Saya ingin tahu, sebenarnya seberapa besar faktor psikologis seseorang memengaruhi keadaan gizinya? Saya sudah merasa mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan saya, bahkan saya sudah coba menambahkan beberapa kalori dalam konsumsi saya sehari-hari, tapi kenapa berat badan saya tak kunjung naik? Terima kasih. (Lia Aris, 21 tahun)

J:
Dear Mbak Lia Aris,
Peningkatan berat badan seseorang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti: genetik (keturunan), lingkungan, dan psikososial.

Faktor genetik merupakan faktor yang tidak dapat diubah, biasanya akan memengaruhi fungsi metabolisme tubuh terhadap zat gizi yang ada. Faktor lingkungan berhubungan dengan gaya hidup, keseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi dari makanan. Sedangkan faktor psikososial antara lain dikenal sebagai gangguan makan atau eating disorder. Adapun macam-macam eating disorder yang berkaitan dengan tidak meningkatnya berat badan atau malah cenderung menurun antara lain anoreksia nervosa, bulimia, dan lain sebagainya.

Ketiga faktor ini saling berkaitan satu dengan lainnya. Oleh karena itu pada kasus Lia alangkah baiknya jika dapat berkonsultasi dengan dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih rinci dan mendapatkan nasihat mengenai pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Lia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com