Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Kencan Anda Sukses dan Berkesan di Hati Si Dia

Kompas.com - 02/11/2012, 14:11 WIB

KOMPAS.com Kencan merupakan ajang saling mengenal lebih dekat. Kalian akan menghabiskan waktu berdua untuk saling menjajaki kecocokan satu sama lain. Boleh dibilang, kencan adalah pintu gerbang bagi Anda untuk memasuki hubungan asmara yang menggelora.

Akan tetapi kencan pertama juga bisa berubah menjadi bencana bila Anda terlalu tegang. Takut membuat kesalahan dan akhirnya pertemuan berlangsung dengan sangat kaku.

Ini berbahaya, karena bisa saja si dia salah persepsi tentang Anda: Seseorang yang kaku dan terlalu membosankan untuk dipacari. Jadi, tak perlu takut melakukan hal yang salah. Di tengah segala aturan serta tata cara kencan yang ada, berikut ada beberapa aturan kencan yang dikumpulkan dari para pria.

Saat sedang berkencan, inilah yang ada di kepala mereka, dan seperti wanita, pria-pria tersebut berharap Anda mengetahuinya tanpa ia harus mengungkapkannya. Ikuti aturan dasar ini dan segalanya akan berjalan lancar.

Berpikiran terbuka
Jangan langsung berharap si dia akan mengajak Anda berkencan makan malam mewah di restaurant bagus. Boleh sih, mendambakan kencan romantis ala film. Tapi jika ternyata ia hanya mengajak Anda menikmati  soto ayam di restoran depan ruko sebuah pusat perniagaan, nikmati saja. Bila Anda merasa tersinggung dengan pilihannya, pria akan berpikir Anda bukanlah orangnya. Biasanya pria akan mengajak Anda menikmati hal yang ia sukai, bila ia menyukai Anda.

Jangan terlalu menganalisa
Bila akhirnya si dia mengajak Anda berkencan, jangan melakukan riset terlalu banyak tentangnya. Hindari bertanya-tanya macam-macam tentangnya melalui teman-temannya. Meski pun sahabat Anda mengenalnya, hindari goadaan untuk bertanya banyak. Pergi berkencan tujuannya untuk saling mengenal satu sama lain. Terlalu banyak riset justru akan membutakan penilaian Anda. Sebab, sebelum bertemu dan mengenal satu sama lain Anda sudah memiliki penilaian sendiri. Mmm..., yang ternyata belum tentu benar.

Hati-hati bicara soal mantan
Biasanya akan ada pembicaraan tentang pacar sebelumnya. Tapi topik ini sebaiknya dihindari, membicarakan kisah sedih masa lalu hanya akan merusak kesenangan masa kini. Bila Anda sudah tutup buku dengan kisah lalu ada baiknya Anda juga tutup mulut.

Tawarkan ikut membayar
Saat ini masih banyak pria yang akan menolak berbagi bill. Bukan berarti Anda boleh diam tak menawarkan untuk ikut membayar saat bon tagihan datang. Biasanya pria sopan akan menolak uang Anda dan membayar semuanya. Tapi tawaran Anda memberikan kesan bahwa Anda juga menikmati pergi bersamanya hingga bersedia menghabiskan uang.

Kencan Singkat

Jadikan kencan pertama kali dalam waktu yang singkat saja. Kecuali Anda sudah saling mengenal satu sama lain dalam waktu yang lama. Misalnya, Anda berkencan dengan teman SMA dulu, tak masalah jika Anda menghabiskan waktu berlama-lama dengannya. Saran untuk kencan pertama: cukup dilakukan tiga hingga empat jam. Kencan singkat akan meninggalkan kesan manis jika kalian tertarik. Selain itu Anda dan dia tak akan sabar menantikan pertemuan berikutnya.

Jangan menghina wanita lain

Tahan diri jika Anda melihat perempuan lain yang menurut Anda tak layak. Entah gaya berpakaian yang tak pantas, make-up aneh atau berlebihan. Apa pun itu tahan komentar Anda. Simpan saja semua itu untuk diri sendiri. Pria tak menyukai wanita yang suka menjelek-jelekan orang. Apalagi mengkritik gaya wanita lain. Fokus saja pada kencan kalian berdua, berusaha lebih mengenalnya

Ucapkan terima kasih
Saat kencan pertama, kesan menjadi sangat penting. Pria akan dengan senang hati membukakan pintu buat Anda, menarik kursi dan mempersilahkan Anda duduk. Semua itu akan dilakukan dengan refleks sebagai tindakan yang wajar dilakukan pria. Sebagai bentuk kesopanan, jangan lupa memberi ucapan terima kasih padanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com