Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Rasa Pasta Turki Bertabur Kacang Walnut

Kompas.com - 04/05/2013, 21:26 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Pasta, identik dengan makanan khas Italia berbahan dasar tepung seperti mi. Namun ternyata tak hanya di Italia, Turki pun memiliki jenis pasta sendiri. Pasta Turki memiliki bentuk pipih dan pendek-pendek.

Jika pasta ala Italia biasa disantap dengan saus, seperti saus berbahan dasar tomat ataupun krim, pasta Turki tampil beda. Saat menyantap pasta Turki, tak menggunakan saus, melainkan ditaburi dengan bubuk cabe, kacang walnut, dan keju. Meski demikian, rasa pasta tak berbeda dengan yang biasa disajikan di restoran Italia.

Walaupun agak berbeda, tak ada nama khas untuk jenis pasta tersebut. Executive Chef Hotel Borobudur Jakarta, Eduard Betz, menyebutnya dengan Turkish Pasta. Selain pasta, berbagai hidangan khas Turki tersaji di Bogor Cafe, Hotel Borobudur.

Sebut saja seperti Lentil Kofte, yakni hidangan yang terbuat dari kacang lentil. Kacang lentil berbentuk kecil-kecil, ditumbuk, dan dibentuk bulat-bulat kecil tak beraturan kira-kira sebesar satu sendok makan.

Menurut Eduard, kacang lentil ini sangat bagus untuk kesehatan. Memakan Lentil Kofte bersama daun selada dan keju putih. Sebelumnya, keju dimasak terlebih dahulu. Tak lama, hanya sekitar 5 menit. Keju putih yang telah dimasak rasanya sangat nikmat, kenyal, dan tak terlalu asin seperti keju kebanyakan.

Jelajah lidah mencicipi masakan Turki tak hanya sampai di situ, dalam perayaan Turkish Culinary & Cultural Festival di Hotel Borobudur, Jakarta, hingga 5 Mei 2013, juga tersedia makanan pencuci mulut. Kebanyakan, kata Eduard, makanan pencuci mulut khas Turki adalah rasanya yang sangat manis.

Tentunya tak ketinggalan makanan favorit yakni Baklava dengan kacang pistaccio dan kacang kenari yang menjadi makanan yang dicari saat perayaan tradisional Turki. Tak hanya makanan, dalam perayaan kuliner dan budaya Turki ini, juga dipertunjukkan tarian dan musik khas Turki, serta pameran kerajinan tangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com