Kompas.com - 03/04/2018, 09:52 WIB
Ilustrasi persahabatan Digital Vision.Ilustrasi persahabatan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kata 'putus' tak hanya berlaku bagi pasangan, namun juga terhadap hubungan persahabatan. Ditinggalkan sahabat yang biasa menjadi tempat curhat kita justru mungkin lebih menyakitkan daripada ditinggal kekasih.

Persahabatan bisa membuat seseorang merasa diakui, bahagia dan saling memiliki. Persahabatan kadang bertahan jauh lebih lama daripada hubungan romantis seseorang.

Oleh karena itu, terus lah jaga hubungan persahabatanmu. Salah satu caranya adalah dengan menjaga agar hal-hal yang merusak persahabatan tidak terjadi. Apa saja itu?

1. Kepedulian yang tak seimbang

Salah satu hal mendasar dalam persahabatan dadalah kepedulian. Adalah hal yang wajar jika kita dan sahabat saling berbagi kepedulian, asal tidak berlebihan sehingga membosankan.

Hal itu akan menimbulkan ketidakseimbangan, kesalahpahaman, hingga rasa sakit.

Oversharing atau terlalu banyak cerita soal satu hal juga bisa menjadi salah satu faktor perusak persahabatan.

Seorang sahabat memang punya tugas untuk mendengarkan keluh kesah sahabatnya, namun jangan lupa untuk menjaganya tetap dalam batas. Jika terlalu sering cerita tentang hal yang sama, itu bisa mengesalkan.

Untuk menghindarinya, cobalah mengubah sesi curhat lebih kepada diskusi dan berikan sahabatmu kesempatan untuk curhat soal dirinya juga.

Baca juga : Mengapa Pria Lebih Jujur dan Suka Curhat ke Sahabat Pria

2. Waktu dan tenaga

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.