Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kesalahan Tersering Penyebab Cedera Olahraga

Kompas.com - 28/06/2018, 17:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga merupakan aktivitas yang tidak sepenuhnya bebas risiko. Fisioterapis Alex Clark menyebutkan, sekitar 13 persen orang yang berolahraga mengalami cedera berkaitan dengan latihan yang dilakukannya.

Itulah sebabnya kita kerap dianjurkan untuk tak memaksa diri terlalu keras saat berolahraga, misalnya saat melakukannya di gym.

Beberapa risiko cedera bisa dihindari. Alex memberikan sejumlah saran agar kita bisa meminimalisasi cedera akibat melakukan latihan olahraga yang salah.

Lalu, seperti apakah olahraga yang salah?

1. Melakukan rutinitas berulang (repitisi) terlalu berlebihan

Ketika kita menemukan jenis olahraga yang disukai, seringkali kita tergoda untuk fokus pada jenis olahraga tersebut dan mengabaikan latihan yang lain.

Dengan melakukan aktivitas yang sama berulang-ulang setiap berolahraga, kita hanya mengikutsertakan otot dan sendi yang sama. Hal ini berisiko menimbulkan cedera berulang dan membuat olahraga kurang efektif.

"Mengganti jenis olahraga pada setiap kesempatan akan memberikan kesempatan pemulihan dan istirahat bagi otot dan sendi yang sering digunakan. Sehingga pembentukan cedera bisa terhindarkan," kata Alex.

Baca juga: Alasan Berat Badan Tak Turun Meski Sudah Olahraga Beban

2. Berolahraga dengan cara yang salah

Melakukan olahraga dengan cara atau teknik yang salah merupakan kesalahan umum yang banyak dilakukan dan berpotensi menimbulkan cedera.

Alex menyarankan agar kita selalu memastikan cara olahraga yang dilakukan sudah tepat sebelum melangkah ke tahapan latihan berikutnya.

Dalam konteks olahraga beban, jika kita harus berusaha keras untuk berolahraga sesuai dengan cara yang tepat, maka berarti kita harus mengangkat beban yang lebih ringan.

Ia memahami jika melakukan olahraga dengan cara yang tepat cukup sulit dilakukan, apalagi ketika kita berada di kelas gym yang besar atau hanya mengikuti apa yang kita lihat di media sosial.

"Akan lebih baik jika kita meminta bantuan personal trainer untuk mendapatkan saran yang tepat dan sesuai," ujar Alex seperti dikutip dari situs joe.ie.

Latihan bebangpointstudio Latihan beban
3. Salah dalam melakukan pemanasan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com