Penyebab Kita Gampang Tertular Flu

Kompas.com - 06/08/2018, 13:01 WIB
Ilustrasi sakit flucyano66 Ilustrasi sakit flu

KOMPAS.com - Flu merupakan penyakit yang sering diderita masyarakat karena virusnya mudah menular. Namun, terkadang ada orang yang sering terkena penyakit ini.

Virus penyebab flu atau salesma, biasanya adalah rhinovirus, gampang menyebar melalui udara atau sentuhan tangan yang terpapar.

Jika kita sudah tertular, gejala-gejala flu seperti hidung berair, tenggorokan sakit, demam ringan, sakit kepala, dan bersin-bersin, akan membuat kita harus beristirahat di rumah.

Ketahui apa saja penyebab mengapa kita sering tertular flu.

- Tidak mencuci tangan
Cara paling efektif untuk mencegah flu adalah mencuci tangan dengan sabun atau gel pencuci tangan yang mengandung alkohol.

"Cuci tangan minimal 20 detik sampai benar-benar bersih," demikian menurut saran para ahli.

- Sering menyentuh wajah
Jika tangan kita mengandung kuman dan kita hobi menyentuh wajah, sebenarnya kita membuat tubuh rentan sakit. Ini karena virus flu bisa masuk ke dalam tubuh lewat mata, hidung, dan mulut.

Baca juga: Waspadai, Gejala Dehidrasi dan Ancaman Penyakit yang Menyertainya

- Kurang tidur
Sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan virus jika kita cukup tidur. Orang dewasa butuh tidur malam sekitar 7 jam.

- Dehidrasi
Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit flu. Ini karena dehidrasi akan membuat sistem imun tubuh lemah.

- Punya alergi
Penyakit alergi bisa membuat hidung kita mudah berair, apalagi jika ditambah terkena flu.

"Orang yang punya alergi debu, misalnya, akan lebih rentan mengalami obstruksi saluran napas. Makanya virus akan lebih mudah masuk," kata Benjamin Tweel, dokter ahli saluran pernapasan dari The Mount Sinai Hospital.

- Sering terpapar kuman
Jika orang di sekitar kita sering bersin-bersin atua sakit, sebaiknya gunakan masker atau cuci tangan lebih sering untuk mencegah penularan.

Orang yang bekerja di daycare, sekolah, atau sering bepergian, merupakan kelompok yang rentan tertular flu.

- Jarang olahraga
Berolahraga secara teratur, bahkan dalam intensitas ringan, bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

- Tidak divaksin
Mereka yang rentan terpapar kuman karena faktor pekerjaan, seperti guru, tenaga kesehatan, atau sering traveling, sangat dianjurkan melakukan vaksin flu secara rutin.

Baca juga: Lampu UV Ini Bisa Cegah Penyebaran Virus Flu di Ruang Publik




Close Ads X