Kompas.com - 06/08/2018, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Flu merupakan penyakit yang sering diderita masyarakat karena virusnya mudah menular. Namun, terkadang ada orang yang sering terkena penyakit ini.

Virus penyebab flu atau salesma, biasanya adalah rhinovirus, gampang menyebar melalui udara atau sentuhan tangan yang terpapar.

Jika kita sudah tertular, gejala-gejala flu seperti hidung berair, tenggorokan sakit, demam ringan, sakit kepala, dan bersin-bersin, akan membuat kita harus beristirahat di rumah.

Ketahui apa saja penyebab mengapa kita sering tertular flu.

- Tidak mencuci tangan
Cara paling efektif untuk mencegah flu adalah mencuci tangan dengan sabun atau gel pencuci tangan yang mengandung alkohol.

"Cuci tangan minimal 20 detik sampai benar-benar bersih," demikian menurut saran para ahli.

- Sering menyentuh wajah
Jika tangan kita mengandung kuman dan kita hobi menyentuh wajah, sebenarnya kita membuat tubuh rentan sakit. Ini karena virus flu bisa masuk ke dalam tubuh lewat mata, hidung, dan mulut.

Baca juga: Waspadai, Gejala Dehidrasi dan Ancaman Penyakit yang Menyertainya

- Kurang tidur
Sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan virus jika kita cukup tidur. Orang dewasa butuh tidur malam sekitar 7 jam.

- Dehidrasi
Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit flu. Ini karena dehidrasi akan membuat sistem imun tubuh lemah.

- Punya alergi
Penyakit alergi bisa membuat hidung kita mudah berair, apalagi jika ditambah terkena flu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.