10 Kebiasaan Harian untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 05/09/2018, 08:06 WIB
Ilustrasi turun berat badanIvan Marjanovic Ilustrasi turun berat badan

KOMPAS.com - Kebanyakan orang yang menjalani diet akan kembali mendapatkan 50 persen berat badannya pada tahun pertama setelah berhasil menurunkan beberapa kilo.

Sementara sisanya malah lebih cepat, yakni mendapatkan kembali berat tersebut pada jangka waktu tiga bulan, menurut riset yang dipublikasikan di International Journal of Obesity

Banyak orang memahami bahwa untuk menjaga berat badan yang sehat harus dilakukan tiga hal, yakni memilih makanan sehat, makan lebih sedikit, dan aktif secara fisik.

Meski teorinya terdengar mudah, namun tiga hal tersebut sulit untuk dipatuhi.

Banyak orang yang makan secara otomatis, atau tidak direncanakan. Kebiasaan ini membuat kita seringkali tak menyadari makanan apa saja yang dikonsumsi, apakah sehat atau tidak.

Sebuah studi menemukan kunci menjaga berat badan sehat melalui kebiasaan-kebiasaan yang sehat pula.

Perubahan kebiasaan ini mungkin menjadi cara yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 10 Strategi Jitu untuk Turunkan Berat Badan

The Sydney Morning Herald pernah melaporkan perekrutan 75 sukarelawan usia 18-75 tahun dengan kasus obesitas atau berat badan berlebih, lalu membagi mereka menjadi tiga kelompok.

Satu kelompok diarahkan untuk mengubah kebiasaan lama, kelompok lainnya melakukan kebiasaan baru, dan satu kelompok terakhir adalah kelompok kontrol dengan tugas spesifik.

Kelompok pertama lalu dikirimi pesan singkat berisi tugas-tugas yang harus dilakukan setiap harinya. Tugas tersebut fokus mengubah kebiasaan lama, termasuk "mengambil jalur berbeda ketika pergi kerja", "mendengarkan genre musik berbeda" hingga "menulis cerita pendek".

Kelompok kedua diminta untuk melakukan program yang fokus pada perubahan pola hidup sehat. Mereka diarahkan melakukan 10 tips sehat ke dalam rutinitas harian mereka.

Sementara pada kelompok terakhir atau kelompok kontrol tidak dilakukan perubahan apapun. Mereka dipersilakan meneruskan kebiasaan lamanya.

Halaman:


Terkini Lainnya


Close Ads X