Kompas.com - 19/09/2018, 09:32 WIB
Ilustrasi hobi motor g-stockstudioIlustrasi hobi motor
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Bila terus terjadi, stres bisa merusak penampilan dan parahnya memicu berbagai penyakit.

Untuk itu, kita perlu tahu cara menyikapi dan menghadapi stres dan tekanan. Salah satu caranya dengan melakukan berbagai hal yang menjadi hobi kita. Penasaran bagaimana hobi bisa membantu mengelola stres? Berikut penjelasannya.

Stres bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Mulai dari penampilan, produktivitas kerja, dan tentunya kesehatan. Stres bisa membuat jadwal tidur menjadi kacau. Esok harinya, akan tercipta lingkaran hitam pada mata, wajah lesu, dan pastinya membuat kita tidak semangat, bahkan tidak fokus dalam melakukan pekerjaan.

Dikutip dari Shape, Matthew Zawadski, Ph.D., seorang asisten dosen psikologi di California University mengemukakan bahwa stres menyebabkan detak jantung menjadi lebih tinggi, tekanan darah dan kadar hormon juga ikut meningkat. Jadi, masuk akal bahwa stres jangka panjang atau kronis tidak baik bagi kondisi kesehatan.

Baca juga: Mengapa Olahraga Adalah Cara Terbaik Menghilangkan Stres

Bahkan, pakar kesehatan menyebut bahwa stres berlebihan adalah silent killer yang bisa menyebabkan kematian lebih dini, baik itu karena penyakit atau bunuh diri.

Hobi merupakan salah satu cara untuk mengelola stres

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine meneliti 100 orang dewasa dengan kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan. Para peserta menggunakan monitor jantung dan menyelesaikan survei secara berkala untuk melaporkan bagaimana kegiatan dan perasaan mereka.

Hasilnya, dalam tiga hari periset menemukan bahwa 34 persen orang yang melakukan kegiatan yang disukai, tidak merasa stres. Bukan hanya merasa bahagia, detak jantung mereka juga menjadi lebih stabil dan mereka merasa lebih tenang selama berjam-jam.

Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hobi adalah kegiatan yang bisa menenangkan perasaan seseorang. Sedangkan ketika dilanda stres, banyak orang beralasan tidak punya waktu atau tenaga untuk melakukan hobinya. Padahal, orang yang sedang stres membutuhkan lebih banyak waktu untuk hobinya daripada orang biasa.

Baca juga: Ingin Kebal Stres? Adopsi 10 Kebiasaan Ini

Inilah berbagai pentingnya hobi dalam mengelola stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.