Kompas.com - 30/10/2018, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Setelah sesi latihan olahraga besar kemungkinan kita akan terbangun esok harinya dengan tubuh pegal dan nyeri. Efek seperti itu lebih sering ditemui pada orang yang baru berolahraga rutin. Rasa pegalnya bahkan bisa berlangsung beberapa hari.

Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memulai berolahraga kembali saat tubuh masih terasa pegal untuk mencegah risiko kerusakan otot.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulihkan otot tanpa harus merusak rutinitas olahraga yang mulai dibangun.

1. Minum jus ceri tart

Pakar diet olahraga Natalie Rizzo mengatakan buah cery tart montmorency mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk flavonoid dan antosianin. Kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Mengonsumsi buah ini akan mengarasi rasa sakit dan kelemahan otot setelah melakukan olahraga kekuatan yang intensif. Buah ini merupakan jenis ceri asam yang tumbuh di Kanada, Prancis dan Amerika.

"Riset lain menunjukkan12 ons jus ceri tart dapat meminimalisir gejala kerusakan otot akibat olahraga kekuatan intensif," kata Rizzo.

Buah tersebut mungkin sulit dicari di Indonesia. Sebagai alternatif, kita bisa mengantinya dengan jus semangka.

Selain memiliki rasa yang nikmat, jus semangka mengansung elektrolit yang sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga.

“Sebuah penelitian kecil menunjukkan minum 500 mili liter atau sekitar 16 ons, jus semangka setelah latihan yang intens dapat mengurangi nyeri otot," ucap Rizzo.

Baca juga: Susah Tidur? Coba Minum Segelas Jus Ceri

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber menshealth


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.