Kompas.com - 19/06/2019, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umum di Indonesia. Diperkirakan, dua pertiga penduduk memiliki hipertensi.

Walau hipertensi sering diremehkan, nyatanya kondisi ini dalam jangka panjang dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Idealnya, tekanan darah harus berada antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Jika tekanan darah meningkat hingga 140/90 mm Hg atau lebih, besar kemungkinannya kita menderita hipertensi.

Ada dua cara agar tekanan darah mencapai batas normal, yaitu melalui perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan.

Meski beberapa orang berhasil menormalisasi tekanan darah dengan melakukan perubahan gaya hidup, melakukan kedua cara tersebut akan memberikan hasil yang efektif.

"Jika Anda tidak melakukan perubahan gaya hidup sehat, jangan repot-repot mengonsumsi obat tekanan darah, karena tidak akan bekerja secara efektif," ucapnya.

Mengubah gaya hidup adalah cara untuk menurunkan tekanan darah secara alami. 

1. Konsumsi lebih sedikit garam

Menurut Laffin, mengurangi asupan garam merupakan cara paling penting untuk menurunkan tekanan darah.

"Penelitian telah menunjukkan diet rendah sodium memiliki efek yang sama dengan satu setengah hingga dua obat tekanan darah,” katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.