Memahami Konsep Diet Rendah Karbohidrat

Kompas.com - 02/07/2019, 10:18 WIB
ilustrasi karbohidrat kompleks robynmacilustrasi karbohidrat kompleks

KOMPAS.com - Karbohidrat memang menjadi sumber kalori yang jika tidak digunakan tubuh akan menumpuk jadi lemak tubuh. Itu sebabnya diet rendah karbohidrat diklaim sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Beberapa jenis diet karbo yang populer antara lain diet ketogenik yang membatasi makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti, nasi, kue, hingga camilan.

Setiap makanan yang kita konsumsi mengandung satu dari tiga makronutrien yang berupa protein, karbohidrat dan lemak. Walau mayoritas makanan mengandung ketiga nutrisi tersebut namun lebih banyak yang hanya mengandung salah satunya saja.

Ungkapan "karbohidrat rendah"  mudah digunakan, tetapi tidak mudah untuk didefinisikan.

Menurut Kacie Vavrek, ahli diet terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center, hal ini terjadi karena banyak jenis diet dapat dikategorikan rendah karbohidrat, termasuk Mediterania, Atkins, atau Paleo.

"Ada yang menganggap diet karbo berarti mengurangi asupan yang mengandung karbohidrat, tapi ada juga yang mengartikannya lain," kata Vavrek.

Banyak orang merasakan manfaat penurunan berat badan saat menghindari makanan seperti oatmeal, makanan mengandung tepung, buah, dan roti. Padahal, semua jenis makanan tersebut bergizi.

Glikogen

Karbohidrat disimpan dalam tubuh sebagai glikogen yang digunakan untuk energi. Setiap gram glikogen mengandung sekitar tiga gram air.

Menurut seorang pelatih pribadi Nick Clayton, tubuh menyimpan air setiap kali kita mengonsumsi karbohidrat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X