Bersihkan Pembuluh Darah dengan Makanan untuk Kesehatan Jantung Ini

Kompas.com - 13/09/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi makanan sehat shutterstockIlustrasi makanan sehat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Melindungi jantung dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan- makanan sehat. Beberapa makanan seperti alpukat ternyata bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat membersihkan pembuluh darah.

Untuk menjaga jantung agar tetap sehat, berikut adalah beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

1. Alpukat

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat
Jika kamu terbiasa menggunakan mayonaise atau selai cokelat pada roti lapis untuk menu sarapan, cobalah untuk menggantinya dengan irisan tipis alpukat.

Sebuah studi tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di Meksiko menemukan bahwa orang-orang yang makan alpukat setiap hari selama satu minggu penuh akan mengalami penurunan 17 persen total kolesterol total darah.

Lebih jelasnya, tingkat kolesterol jahat LDL akan mengalami penurunan dan kolesterol baik HDL meningkat.

Jika alpukat terasa kurang lezat untuk dipadukan dengan makanan, cobalah untuk membuat smoothie dengan campuran alpukat dan buah lain.

Baca juga: Buah Alpukat Dianggap Buah Super, Apa Saja Khasiatnya?

2. Minyak Zaitun

ilustrasi minyak zaitunshutterstock ilustrasi minyak zaitun
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang berusia 65 tahun ke atas yang secara teratur menggunakan minyak zaitun (baik untuk memasak maupun sebagai saus) memiliki kemungkinan 41% lebih kecil untuk mengalami stroke, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun dalam makanannya.

Gunakanlah sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau taburkan sedikit di atas pasta, salad, atau sayuran untuk mendapatkan manfaat dari lemak mono dan polyunsaturated yang tinggi.

Baca juga: Minyak Zaitun Bersihkan Sumbatan Pembuluh Darah

3. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang almondonairjiw Ilustrasi kacang almond
Kamu memiliki hobi ngemil? Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya segenggam penuh kacang sebagai pilihan camilan sehat.

Kacang-kacangan merupakan salah satu asupan yang yang baik untuk tubuh khususnya bagi kesehatan jantung. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan adalah almond.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X