Cara Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Tapi Sering Diabaikan

Kompas.com - 31/10/2019, 07:47 WIB
Ilustasi olahraga shutterstockIlustasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meski tahu dan sadar akan manfaatnya, ada sebagian orang yang tidak peduli dengan pola hidup sehat. Padahal hidup sehat memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan, bahkan merupakan kunci dari panjang umur.

Untuk mewujudkannya, ada sederet cara hidup sehat yang perlu kita terapkan dengan baik dan konsisten. Beberapa di antaranya bahkan tidak sulit untuk dilakukan. J

Melakukan pola hidup sehat pada dasarnya tidak ribet, asalkan konsisten dan rutin melakukannya. Beberapa langkah sederhana yang dapat kita terapkan sebagai cara hidup sehat, di antaranya:

Sempatkan berolahraga

Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal 2,5 jam setiap minggunya. Sempatkan untuk berolahraga karena melakukan peregangan bagus untuk tubuh dan pikiran.

Lakukan olahraga yang kamu sukai, misalnya berlari, bersepeda, berenang, senam, yoga, dan lainnya.

Kamu juga dapat melakukan latihan di pusat kebugaran untuk membantu membakar kalori dan membentuk massa otot. Banyak ahli juga merekomendasikan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Hari Tua

Ilustrasi tidur.Shutterstock Ilustrasi tidur.
Tidur yang cukup

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya.

Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru.

Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan. Akan lebih baik jika kita tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X