Maukah Kita untuk Belajar dan Tumbuh dalam Situasi Pandemi?

Kompas.com - 05/04/2020, 18:26 WIB
Penumpang mengenakan masker di ruang tunggu yang nyaris kosong di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, 31 Januari 2020. Kecemasan kian meningkat menyusul penyebaran virus corona yang semakin luas. AFP/SPENCER PLATTPenumpang mengenakan masker di ruang tunggu yang nyaris kosong di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, 31 Januari 2020. Kecemasan kian meningkat menyusul penyebaran virus corona yang semakin luas.

KOMPAS.com – Respon setiap orang menghadapi situasi yang tidak pasti seperti pandemi Covid-19 tentu berbeda-beda. Ada yang selalu mengeluh karena bosan terkurang di rumah, ada pula yang mampu berdamai dengan keadaan dan menyebarkan optimisme ke lingkungan sekitar.

Di media sosial sebuah infografis yang menunjukkan tiga zona emosional di era Covid-19 sedang viral. Menurut grafis tersebut, ada tiga zona yang menggambarkan kondisi emosi kita, yaitu zona ketakutan, zona belajar, dan zona bertumbuh.

Orang-orang yang memiliki ciri sering mengeluh, membeli stok masker dan obat berlebihan, gampang menyebar setiap informasi apa pun dari media sosial, dan menyebarkan rasa takut dan marah, dianggap sedang dalam zona ketakutan.

Sementara itu, orang yang berhenti membaca berita-berita yang membuat cemas, mulai mengenal emosi sendiri, serta menyadari bahwa semua pihak berusaha melakukan yang terbaik, merupakan ciri seseorang dari zona belajar.

Di zona bertumbuh, seseorang akan memiliki kemampuan untuk mempraktikkan keheningan, kesabaran, penuh kasih sayang pada diri sendiri dan orang lain, sampai mampu menjaga emosi tetap bahagia.

Baca juga: Stigma Negatif Akan Menambah Beban Psikologis ODP akibat Covid-19

Menurut psikolog Sandi Kartasasmita M.Psi, infografis yang sedang viral itu sebenarnya tidak diajarkan dalam ilmu psikologi.

“Pencipta grafis itu ingin mengajak kita mengetahui kondisi saya ada di mana sekarang. Kalau sudah tahu ada di zona apa, mau atau tidak kita untuk mengembangkannya,” kata Sandi ketika dihubungi Kompas.com (4/4).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X