Belajar dari Penyakit Glenn, Meningitis Bisa Kita Cegah

Kompas.com - 09/04/2020, 16:12 WIB
Penyanyi Glenn Fredly tampil dalam konser Harmonia Titik Balik yang digelar di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Glenn Fredly tampil dalam konser Harmonia Titik Balik yang digelar di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).

KOMPAS.com - Musisi Indonesia Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020 karena penyakit radang selaput otak atau meningitis. Meski dapat berkibat fatal, namun meningitis sebetulnya bisa dicegah.

Penyakit meningitis adalah pembengkakan atau peradangan pada selaput di sekitar sumsum tulang belakang dan otak.

Dilansir dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa patogen berbeda. Namun, yang banyak terjadi secara global adalah meningitis bakteri. 

Ada beberapa jenis bakteri yang perlu diwaspadai, yakni Streptoccocus pneumoniae (pneumokokus) dan Neisseria meningitides.

Bakteri yang menyebabkan meningitis ditularkan dari orang ke orang melalui droplet (percikan) dari pernafasan atau tenggorokan orang yang terinfeksi. Penularan bisa terjadi karena kontak dekat, seperti melalui mencium, bersin, batuk, atau tinggal dekat dengan orang yang terinfeksi.

Baca juga: Selain Glenn Fredly, 5 Seleb Indonesia Ini Juga Idap Meningitis

Pencegahan

Meningitis bisa dicegah melalui beberapa cara:

1. Vaksinisasi

Vaksin merupakan perlindungan primer atau yang utama dalam pencegahan meningitis. Selain orang dewasa yang baru melakukan ibadah Umroh atau Haji, yang paling rentan terserang meningitis adalah bayi berusia di bawah setahun, karena ini adalah periode jaringan otak masih berkembang. Jika bayi terinfeksi, otak akan terganggu dan menyebabkan kecacatan. 

Untuk bayi terdapat dua jenis vaksin meningitis, yakni ada yang mencegah kuman Hib dan juga ada yang mencegah kuman Pneumokokus. Dianjurkan untuk mendapatkan kedua vaksin tersebut sesuai jadwal.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X