Kompas.com - 03/07/2020, 10:24 WIB
Ilustrasi perempuan, topi, kacamata hitam dan sinar matahari shutterstockIlustrasi perempuan, topi, kacamata hitam dan sinar matahari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memberikan informasi tentang indeks radiasi sinar ultraviolet (UV) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk hari ini, Jumat (3/7/2020).

BMKG dalam akun Instagram-nya menyebutkan, wilayah Jabodetabek pada Jumat ini pukul 08.00-09.00 WIB memiliki indeks UV 0-2 dengan tingkat risiko bahaya rendah hingga sedang.

Pada pukul 10.00-11.00 WIB dan 12.00-13.00 WIB, indeks UV berisiko bahaya sedang hingga sangat tinggi. Sementara itu, pukul 14.00-15.00 WIB, indeks UV berisiko bahaya rendah hingga sedang.

Paparan sinar ultraviolet di kulit kita bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit, baik langsung maupun bertahap.

Biasanya, kerusakan kulit ini akan mulai muncul dan menyebabkan masalah pada usia 40 tahun ke atas, setelah bertahun-tahun kulit terkena paparan sinar UV.

Untuk mengurangi dampak paparan sinar UV, kita sering diingatkan untuk mengoleskan tabir surya atau sunscreen saat bepergian, menghindari paparan sinar matahari dengan berada di tempat teduh, mengenakan topi, kacamata hitam, dan pakaian yang menutup kulit, serta banyak minum air.

Baca juga: BMKG Ingatkan untuk Menghindari Paparan Sinar UV Hari ini, Mengapa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tabir surya

Khusus mengenai tabir surya, banyak orang keliru mengaplikasikan atau bingung memilih sunscreen yang harus dipakai. Bagaimana sebaiknya?

Saat memilih produk sunscreen, SPF menjadi salah satu acuan kita untuk membelinya. Sebenarnya, apa itu SPF? Benarkah SPF tinggi membuat kita mengoleskan losionnya cukup sekali saja?

SPF adalah adalah singkatan dari sun protector factor, berupa angka yang mengindikasikan perlindungan sebuah produk tabir surya atau suncsreen terhadap kulit dari UVB.

Halaman:


Sumber
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X