Kompas.com - 07/01/2021, 22:02 WIB
Ilustrasi pasangan shutterstockIlustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika hubungan memasuki masa sulit, kita akan dihadapkan dengan dua pilihan. Pertama, berusaha menjaga keharmonisan hubungan, dan terakhir adalah merelakan hubungan itu kandas.

Pasalnya, kita jarang menyadari beberapa tanda yang sebenarnya menunjukkan bahwa hubungan sudah tidak bisa dipertahankan. Meskipun, masalah yang kita hadapi terbilang sepele.

Pakar hubungan dan matchmaker Sonya Kreizman serta pakar hubungan Susan Winter menjelaskan tanda-tanda yang menegaskan hubungan asmaramu sulit dipertahankan.

1. Tidak lagi tertawa bersama

Jika kebahagiaan hilang dari hubungan, kita akan mulai merasakannya. Hal ini antara lain ditandai dengan hambarnya komunikasi.

"Jika Anda tidak lagi tertawa seperti dulu dan hanya ada sedikit kegembiraan dalam hubungan, itu bukan pertanda baik. Sebagai pasangan, kehidupan emosional menjadi datar," kata Winter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hubungan yang Bahagia Memiliki Nilai-nilai Utama Ini

2. Melihat sosok lain di luar hubungan

Sedikit keingintahuan pada orang lain adalah wajar jika hubunganmu sedang mandek, namun di titik tertentu hal tersebut harus kita waspadai, menurut Winter.

"Ketika Anda melihat orang lain tampak lebih menarik, dan ingin bersama orang baru, maka ini menjadi pertanda yang kurang baik untuk hubungan."

"Jika Anda mencari orang lain di aplikasi kencan atau tempat lain untuk mencari hubungan baru, itu pertanda hubungan dengan pasangan sudah berakhir," tutur Kreizman.

Baca juga: Mengapa Pria Cari Pasangan Selingkuh? Ini 7 Kemungkinannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.