Turun Berat Badan 42 Kg dengan Bersepeda, Mau Tiru?

Kompas.com - 20/01/2021, 17:56 WIB
Johan de Villiers sebelum dan sesudah penurunan berat badan. Johan de Villiers VIA BICYCLING USJohan de Villiers sebelum dan sesudah penurunan berat badan.

KOMPAS.com - Jika niat bersepeda tidak hanya sekadar mengikuti tren semata, mungkin kita bisa menurunkan berat badan, dan menjadi lebih sehat.

Manfaat bersepeda tersebut juga dirasakan oleh seorang pria asal Cape Town, Afrika Selatan bernama Johan de Villiers.

Villiers berhasil menurunkan berat badan sebanyak 42 kilogram dengan bersepeda. Dari berat tertingginya mencapai 125 kilogram, menjadi 83 kilogram.

Mengalami obesitas

Pria berusia 33 tahun itu sempat mengalami obesitas karena rutinitas hidup yang tidak sehat. Dia bahkan mengonsumsi makanan cepat saji hampir setiap hari.

Baca juga: Rutin Jalan Kaki, Pria Ini Turunkan 39 Kg Berat Badan

Awalnya, Villiers ingin memeriksa polis asuransi jiwa setelah empat tahun bekerja.

Namun dari situ, dia menemukan tubuhnya mengalami obesitas yang buruk, sehingga dia berisiko tinggi terkena penyakit jantung, serta diabetes tipe 2.

Mulai saat itu, dia membeli sepeda gunung hardtail, dan bertekad untuk rajin bersepeda guna menurunkan berat badannya.

"Satu-satunya latihan nyata yang bisa saya nikmati sejak usia saya masih muda adalah bersepeda," kata dia.

Pada perjalanan pertamanya mendaki gunung, Villiers hanya sanggup bersepeda dalam dua kilometer sebelum jantungnya berdetak kencang dan pandangannya kabur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X