Kompas.com - 23/01/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi memandikan anjing shutterstockIlustrasi memandikan anjing

KOMPAS.com - Hobi tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan, beberapa hobi dipercaya bisa membuat umur panjang.

Penelitian menunjukkan, beberapa hobi berpengaruh terhadap kedamaian hati dan pikiran.

Terutama di masa pandemi, di mana kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, menemukan hobi baru mungkin bisa mengisi hari-hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa hobi yang menurut sains bisa membuat umur panjang.

1. Membaca

Stres adalah sumber utama masalah kesehatan yang dapat memperpendek usia.

Baca juga: Olahraga Cukup 11 Menit Sehari, Bisa Beri Umur Panjang, Benarkah?

Sebuah penelitian di University of Sussex, Inggris mengungkapkan, membaca buku dan tenggelam di dalamnya dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

Penelitian lain mengungkapkan, kita hanya perlu enam menit untuk membaca, dan dengan demikian pikiran pun menjadi lebih tenang.

Namun, mengapa membaca menjadi sangat efektif untuk menenangkan saraf?

"Psikolog mengatakan, hal ini terjadi karenapikiran manusia harus berkonsentrasi pada membaca, dan gangguan meredakan ketegangan pada otot dan jantung,” demikian kesimpulan sebuah penelitian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X