Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2021, 10:00 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa orang ada yang mudah merasa lelah, bahkan walau hanya melakukan aktivitas ringan, misalnya jalan kaki 10 menit atau naik tangga dua lantai? Salah satu penyebabnya adalah tingkat stamina yang rendah.

Stamina merupakan kemampuan seseorang untuk menopang aktivitas fisik dan mental.  Mereka yang mudah merasa lelah perlu meningkatkan staminanya.

Stamina yang lebih tinggi memungkinkan seseorang melakukan aktivitas sehari-hari di level yang lebih tinggi. Selain itu, energi yang digunakan juga lebih sedikit. Dengan kata lain, stamina membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Berikut langkah mudah meningkatkan stamina seperti dilansir The Health Site.

Baca juga: Ketahui, Ini 7 Cara Mudah Meningkatkan Stamina Tubuh Selama Pandemi

1. Bersikap konsisten

Olahraga rutin memegang peranan penting dalam menjaga stamina. Konsistensi adalah kuncinya.

Studi menunjukkan, seseorang harus berolahraga paling tidak 30 menit selama lima hari seminggu untuk menjaga tingkat kebugaran yang sehat.

Perlu diingat, membangun atau meningkatkan stamina membutuhkan waktu. Oleh karenanya, bersabarlah dengan itu dan tetap berolahraga secara rutin.

2. Konsumsi kafein

Kafein adalah stimulan alami yang membantu meningkatkan detak jantung dan memberi dorongan energi.

Namun, jumlah kopi yang dikonsumsi harus dibatasi. Sebab konsumsi kopi terlalu banyak dapat membuat tubuh menjadi toleran terhadap kafein. Dampaknya tubuh membutuhkan dorongan lebih banyak untuk mencapai efek yang sama.

Selain itu, konsumsi kopi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. Batas konsumsi kopi yang disarankan adalah 400 mg per hari atau setara dengan empat cangkir. Jumlahnya dapat berbeda-beda pada setiap orang tergantung kondisi tubuh.

Baca juga: Pecinta Kafein, Sudah Tahu Bahaya Minum Kopi Berlebihan?

3. Meditasi atau yoga

Walau yoga termasuk latihan yang menenangkan dan dapat membantu tubuh rileks dan berguna untuk meningkatkan stamina secara keseluruhan.

Meditasi atau yoga dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan yang pada gilirannya berdampak positif pada stamina.

4. Musik

Selama bertahun-tahun, beberapa penelitian menunjukkan, musik memiliki efek positif pada suasana hati. Selain itu, musik dapat membantu meningkatkan efisiensi kardiovaskular.

Memang hanya ada sedikit bukti yang mendukung teori tersebut. Tapi beberapa temuan menunjukkan, mendengarkan musik yang membangkitkan semangat selama latihan mampu meningkatkan stamina.

Baca juga: 5 Jenis Musik yang Cocok Didengarkan agar WFH Produktif


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com