4 Langkah Tingkatkan Stamina agar Tak Gampang "Loyo"

Kompas.com - 24/01/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi minum kopi shutterstockIlustrasi minum kopi

KOMPAS.com - Beberapa orang ada yang mudah merasa lelah, bahkan walau hanya melakukan aktivitas ringan, misalnya jalan kaki 10 menit atau naik tangga dua lantai? Salah satu penyebabnya adalah tingkat stamina yang rendah.

Stamina merupakan kemampuan seseorang untuk menopang aktivitas fisik dan mental.  Mereka yang mudah merasa lelah perlu meningkatkan staminanya.

Stamina yang lebih tinggi memungkinkan seseorang melakukan aktivitas sehari-hari di level yang lebih tinggi. Selain itu, energi yang digunakan juga lebih sedikit. Dengan kata lain, stamina membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Berikut langkah mudah meningkatkan stamina seperti dilansir The Health Site.

Baca juga: Ketahui, Ini 7 Cara Mudah Meningkatkan Stamina Tubuh Selama Pandemi

1. Bersikap konsisten

Olahraga rutin memegang peranan penting dalam menjaga stamina. Konsistensi adalah kuncinya.

Studi menunjukkan, seseorang harus berolahraga paling tidak 30 menit selama lima hari seminggu untuk menjaga tingkat kebugaran yang sehat.

Perlu diingat, membangun atau meningkatkan stamina membutuhkan waktu. Oleh karenanya, bersabarlah dengan itu dan tetap berolahraga secara rutin.

2. Konsumsi kafein

Kafein adalah stimulan alami yang membantu meningkatkan detak jantung dan memberi dorongan energi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X