Kompas.com - 11/03/2021, 11:19 WIB
ilustrasi lompat tali shutterstockilustrasi lompat tali

KOMPAS.com - Lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang mudah dan murah untuk dilakukan. Gerakan sederhana ini juga memberikan banyak manfaat sekaligus untuk kebugaran tubuh.

Jenis workout ini merupakan salah satu olahraga yang populer. Alat yang sederhana dan gerakan yang tidak rumit menjadi salah satu alasan ketenarannya.

Dalam masa pandemi ini, skipping juga menjadi salah satu alternatif workout-at-home agar tubuh tetap fit. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan varian gerakan melompat yang dilakukan dengan tujuan olahraga yang dijalani.

Maggie Mosbarger, personal trainer yang berbasis di New York menjelaskan ada banyak cara berbeda untuk melakukan olahraga ini.

"Konsep dasar lompat tali itu sederhana tapi tergantung dari tujuan olahraga Anda, caranya bisa berbeda," terangnya via SELF.

Baca juga: Ketahui, Manfaat Rutin Lompat Tali untuk Kebugaran Tubuh

Jelas sudah jika olahraga ini kaya akan manfaat. Paling tidak ada 10 keuntungan rutin berolahraga lompat tali antara lain:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Aktivitas kardio yang efisien

Saat melompat melewati tali, berbagai otot di tubuh bekerja sekaligus. Karena itulah skipping menjadi salah satu opsi kardio terbaik. Gerakannya yang intens dapat meningkatkan detak jantung dengan cepat dan baik untuk menjaga kesehatan.

  • Menguatkan berbagai otot tubuh

Salah satu keunikan dari olahraga plyometric ini adalah gerakan kombinasi tersebut bisa dilakukan tanpa berpikir. Padahal ini sangat efektif dalam menguatkan berbagai otot tubuh.

Berbagai otot di kaki, bisep, dan bahu ikut terlatih dalam gerakan lompat tali.

Baca juga: 6 Jenis Gerakan Membakar Lemak, Bagi Kamu yang Benci Kardio

  • Meningkatkan kepadatan tulang

Riset terhadap wanita pramenopause tahun 2015 membuktikan jika rutin berolahraga ini dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul. Karena itulah, rutin melakukanya baik pula untuk memcegah osteoporosis khususnya selagi masih muda.

Ilustrasi lompat talidolgachov Ilustrasi lompat tali

Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X