Kompas.com - 19/03/2021, 15:50 WIB
ilustrasi olahraga dengan kursi shutterstock/Lizardflmsilustrasi olahraga dengan kursi

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang yang menjadi kecil hati karena timbangannya tidak mengalami perubahan meskipun sudah rutin berolahraga. Efeknya jadi malas berolahraga lagi.

Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan tidak terjadi dalam semalam, tetapi secara bertahap.

Kita dapat melihat tanda-tandanya ketika kita membuat kemajuan ke arah yang benar.

Untuk mengetahuinya, berikut ini terdapat beberapa petunjuk yang dapat diperhatikan apakah rutinitas olahraga sudah berhasil dan efektif, seperti yang dilansir dari laman Today.

Baca juga: 10 Manfaat Olahraga Lompat Tali

1. Suasana hati lebih baik

Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya. Maka, peningkatan suasana hati sering kali merupakan perubahan positif pertama yang kita lihat dari berolahraga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah memiliki jadwal olahraga yang konsisten, kita mungkin merasa lebih bahagia dan puas.

Studi menunjukkan bahwa olahraga dan kepuasan hidup sangat berhubungan. Artinya, orang yang berolahraga cenderung merasa lebih baik tentang diri dan kehidupannya.

Olahraga meningkatkan zat kimia otak yang terkait dengan perasaan bahagia dan percaya diri atau dikenal sebagai dopamin dan adrenalin.

Aktivitas fisik juga berperan dalam mengurangi kecemasan dan stres. Jadi akui setiap perubahan yang kita rasakan dalam kesehatan mental sebagai tanda bahwa rutinitas olahraga berhasil.

Menggerakkan tubuh selama waktu tertentu setiap hari dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jika kita baru mengenal olahraga, berjalan kaki setiap hari bisa menjadi langkah pertama yang positif.

Baca juga: Peregangan Sederhana Bisa Ubah Kondisi Mood

2. Pekerjaan rumah tangga lebih mudah

Berjalan naik dan turun tangga membawa cucian dulu sangat menyebalkan. Tapi setelah rutin berolahraga, kita dapat melakukannya dengan mudah.

Ini hanyalah satu contoh pekerjaan rumah tangga yang akan mulai terasa lebih mudah seiring dengan peningkatan kesehatan dan kekuatan kardiovaskular.

Halaman:


Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.