Kompas.com - 20/04/2021, 13:33 WIB
Ilustrasi takut Ilustrasi takut
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bahasa tubuh tidak menyiratkan pesan atau perasaan secara gamblang. Dengan kata lain, tidak ada makna yang pasti ketika seseorang memperlihatkan isyarat tertentu dari bahasa tubuhnya.

Namun, kita bisa memerhatikan bahasa tubuh seseorang untuk mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan orang itu. Begitu pula sebaliknya.

Beberapa petunjuk berikut dapat digunakan seseorang untuk menyimpulkan perasaan yang kita alami.

1. Senyuman palsu

Psikolog ahli komunikasi nonverbal, Paul Ekman, membedakan antara senyum sebenarnya --yang disebut senyum Duchenne-- dan senyuman palsu.

Senyuman Duchenne menunjukkan kebahagiaan sejati, sedangkan senyuman palsu tidak.

Kita menggunakan senyuman palsu saat kita berusaha untuk terlihat senang atau terhibur, namun faktanya kita tidak merasa nyaman di dekat seseorang.

Baik senyum "asli" maupun senyum "palsu" memiliki ciri khas yang sama, yaitu sudut bibir yang mengarah ke atas.

Bedanya, dalam senyum Duchenne atau senyum asli, mata menyempit dan sudut luarnya berkerut layaknya bentuk kaki gagak.

Baca juga: Senyum Mampu Cerminkan Karakter Seseorang

2. Menenangkan diri

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X