Kompas.com - 16/06/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi bumbu dan rempah di pasar tradisional di Banyuwangi. SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAHIlustrasi bumbu dan rempah di pasar tradisional di Banyuwangi.

KOMPAS.com - Tak semua orang menyukai belanja bahan makanan secara online dan lebih memilih berbelanja langsung di pasar atau toko swalayan. Dengan adanya peningkatan kasus Covid-19 tentu saja harus waspada saat berbelanja.

"Sebagai tugas mingguan, belanja bahan makanan telah menjadi tugas yang membutuhkan lebih banyak pemikiran dan persiapan," ungkap seorang dokter penyakit dalam di Ohio, Lisa Larkin, MD.

Kabar baiknya ada beberapa langkah mudah yang dapat kita ambil untuk mengurangi risiko infeksi saat sedang belanja mingguan.

Para ahli kesehatan pun memberikan pedoman berbelanja yang aman guna mencegah transmisi penularan Covid-19 di tempat belanja, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest berikut ini.

Baca juga: Baru Punya Gaji? Pikirkan 4 Hal Penting Ini Sebelum Belanja-belanja

1. Pergi pada waktu yang lengang

Beberapa orang mungkin bukan tipe yang suka bangun pagi, tetapi pergi berbelanja di pagi hari saat toko baru buka mungkin pilihan terbaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan menghindari kerumunan orang, kita dapat mengurangi risiko terinfeksi karena Covid-19 menyebar melalui kontak dekat dengan orang lain."

Demikian penuturan salah satu pendiri Practio, sebuah perusahaan kesehatan yang berbasis di Inggris, Jonas Nilsen, MD.

Selain itu, supermarket dan tempat berbelanja lainnya sering kali disanitasi di malam sebelumnya, sehingga lingkungan itu secara umum tidak terlalu kotor pada pagi hari.

Sementara itu, menurut data Google Maps, waktu paling sepi untuk mengunjungi tempat berbelanja adalah pada hari Senin pukul 8 pagi dan waktu sibuknya yakni sekitar pukul 3 sore di hari Sabtu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pedagang Pasar Tradisional di Kebumen Divaksin Massal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X