Kompas.com - 30/06/2021, 08:11 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri. FREEPIKIlustrasi isolasi mandiri.

KOMPAS.com - Penumpukan pasien terjadi di banyak rumah sakit menyusul lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Sejumlah rumah sakit pun penuh, sehingga banyak pasien terkonfirmasi positif harus melakukan isolasi mandiri, terutama pasien dengan gejala ringan.

Praktisi Kesehatan, dr Andi Khomeini Takdir, SpPD menjelaskan langkah isolasi mandiri yang dapat diterapkan ketika seseorang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni:

1. Lapor jika terkonfirmasi positif

Penting untuk tetap melaporkan status tersebut ke fasilitas kesehatan dengan akses terdekat sebelum melakukan isolasi mandiri.

Hal itu dilakukan agar pasien dapat dipantau oleh tenaga medis, termasuk jika dalam perjalanan isolasi mengalami gejala.

Selain itu, hanya tenaga medis yang bisa meramu data kondisi kesehatan pasien, seperti hasil PCR, dan menentukan tingkat keparahannya.

"Jangan isolasi mandiri tanpa pengawasan dokter atau tenaga kesehatan. Situasinya sekarang karena begini (banyak fasilitas kesehatan penuh), sebisa mungkin pasien tetap ada yang pegang."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan kreasi sendiri, jangan self diagnose atau mendignosis diri sendiri," kata Andi dalam dialog di Media Center KPCPEN yang bertajuk Kiat Sehat Isolasi Mandiri di kanal YouTube FMB9ID_IKP, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: 2 Alat yang Diperlukan untuk Isolasi Mandiri Covid-19

2. Isolasi di ruang terpisah

Pastikan ruang isolasi mandiri di rumah layak, yakni terpisah dari penghuni rumah lain dan tidak berkontak dengan penghuni rumah lain, termasuk pada waktu makan.

Ruangan tersebut juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Usahakan ruangan tersebut memiliki jendela yang dapat dibuka untuk memastikan udaranya baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.