Kompas.com - 06/07/2021, 19:23 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah. Syarat pasien Covid-19 isolasi mandiri, yakni tanpa gejala, atau gejala Covid-19 ringan dan tanpa sesak napas. SHUTTERSTOCKIlustrasi isolasi mandiri di rumah. Syarat pasien Covid-19 isolasi mandiri, yakni tanpa gejala, atau gejala Covid-19 ringan dan tanpa sesak napas.

KOMPAS.com - Jumlah kasus positif Covid-19 terus melonjak beberapa waktu belakangan. Rumah sakit dan fasilitas kesehatan penuh sehingga menyulitkan masyarakat mendapatkan pengobatan.

Pemerintah telah mengatur agar rawat inap pasien Covid-19 diberikan kepada individu yang mengalami gejala sedang-berat. Rujukan ini dibatasi agar perawatan rumah sakit diperuntukan bagi pasien yang benar-benar membutuhkan.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementriaan Kesehatan @kemenkes_ri, ada sejumlah gejala dan kondisi yang menentukan pasien tersebut layak dirawatinap di rumah sakit.

Gejala tersebut antara lain sesak napas, dengan atau tanpa demam, kelelahan dan kehilangan penciuman.

Pasien juga memiliki penyakit penyerta yang memerlukan pengawasan seperti diabetes, gangguan paru-paru, jantung atau keluhan berat lainnya.

Kriteria pasien yang harus dirawat di rumah sakit juga termasuk frekuensi napas >20x per menit, saturasi oksigen di bawah 95 persen, dan pemeriksaan rapid antigen atau PCR yang berstatus positif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasien yang tidak memenuhi kriteria tersebut dianjurkan untuk berkonsultasi ke puskesmas terdekat atau melakukan telekonsultasi.

Alternatif lainnya ialah melakukan isolasi mandiri di rumah sampai kondisi tubuh lebih baik.

Perawatan bisa dilakukan oleh anggota keluarga dengan rekomendasi atau konsultasi bersama tenaga kesehatan. Hal ini khususnya dianjurkan untuk pasien positif Covid-19 dengan gejala yang ringan.

Baca juga: Dokter Reisa Ingatkan 5 Hal Penting soal Isolasi Mandiri Covid-19

Cara melakukan isolasi mandiri pasien positif Covid-19 

Pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala atau memiliki keluhan ringan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah atau karantina di pusat isolasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.