Kompas.com - 12/09/2021, 11:39 WIB
Olahraga rutin juga membantu kita terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle). SHUTTERSTOCKOlahraga rutin juga membantu kita terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle).

KOMPAS.com – Meski mungkin tujuan kita bukan untuk mendapatkan perut berotot atau otot biseps dan paha yang kencang, tetap saja latihan kekuatan harus dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Namun, saat kita mencari jenis olahraga yang cocok untuk latihan kekuatan, tak jarang kita menemukan istilah “set” dan “repetisi.” Kedua istilah ini biasanya disarankan agar selalu ditingkatkan bertahap.

Sebenarnya apa bedanya dan mana yang lebih dibutuhkan untuk membentuk otot? Simak paparan yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Perbedaan

Repetisi atau pengulangan mengacu pada berapa kali kita melakukan gerakan olahraga, mulai dari biceps curl, deadlift satu kaki, atau squat. Misalnya, jika kita melakukan enam crunch, maka itu akan disebut enam repetisi crunch.

Baca juga: Ketahui Manfaat Latihan Squat Setiap Hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, set adalah jumlah pengulangan terus menerus dari latihan yang kita lakukan tanpa istirahat. Jadi, jika melakukan enam crunch tanpa istirahat, itu berarti satu set.

Baik set maupun repetisi penting bagi kesehatan dan kekuatan otot meski manfaatnya berbeda.

Namun, terkait mana yang lebih penting, para pakar rupanya memiliki pendapat berbeda.

Beberapa pakar mengatakan bahwa tiga hingga empat set per gerakan dapat menolong kita untuk mendapatkan manfaat maksimum dari olahraga.

Sementara itu, beberapa pakar lain mengatakan melakkan satu set saja per gerakan dapat menghasilkan manfaat yang sama dengan dua repetisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.